Selasa, 28 November 2017

Pulau Pahawang, Surganya Snorkling di Lampung


Lampung? apa yang ada di benak teman-teman ketika mendengar kata Lampung? jangan bilang begal ya...hehehe...mungkin ada yang belum tahu? nah disini saya akan berbagi tentang keindahan tentang Lampung  salah satunya adalah Pulau Pahawang. Secara administrasi, Pulau Pahawang terletak di Kabupaten Pesawaran. di Pulau ini terdapat pantai yang masih asri, dan kita bisa snorkling melihat keindahan terumbu karang. saya sendiri sudah dua kali ke Pulau yang letaknya 2 jam dari Kota Bandar Lampung. kedatangan pertama pada saat penanaman terumbu karang bersama underwater comunity dan yang kedua pas mengantar teman dari Jakarta.

Rute menuju Pulau Pahawang ini cukup mudah kok. saya akan ceritakan perjalanan ke pahawang dari Kota bandar Lampung. waktu itu saya menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kesana. dari bandar lampung menuju pelabuhan ketapang kurang lebih 1 jam perjalanan. kalo menggunakan angkutan umum saya tidak tahu ada apa enggak. sebenarnya ada Damri tetapi hanya sampai pasar Hanura. 

Sesampainya pelabuhan ketapang saya langsung memarkirkan kendaraan dan menghubungi Pak Kaja namanya, pak kaja ini adalah  penduduk ketapang yang memiliki 3 kapal yang disewakan. oh ya harga sewa kapal 600K [sudah termasuk nakhoda kapal dan nyebrang dari dan ke pelabuhan ke Pahawang]. berikut saya bagi no hp Pak Taja kalo suatu saat ada yang butuh : 0812-7286-2721. Kapal yang kami sewa berkapasitas 15-20 Orang. jadi kalo kesana berbarengan lebih hemat bukan?
Ukuran kapalnya cukup besar, bisa diisi oleh 15-20 orang.
lebih seru kalo berlibur bersama teman dan kolega
Pagi itu saya sampai di pelabuhan pukul 9, kami langsung menyewa alat untuk snorkling, harganya 50K untuk satu set yang terdiri dari kacamata renang, snorkle dan kaki katak. di tempat ini banyak warung-warung yang menyediakan penyewaan alat snorkling dan juga kamera underwater. harga sewa kamera sekitar 300K. waktu itu saya ga sewa. nyesel juga ga bawa kamera under water. jadinya ga bisa narsis di taman terumbu karang.

Perjalanan dari pelabuhan ketapang menuju Pulau Pahawang dengan menggunakan kapal memakan waktu kurang lebih setengah jam. sebelum ke Pahawang kami sempat mempir ke pulau-pulau kecil di sekitar Pahawang, yaitu Pulai Kelagian Besar, Kelagian Kecil dan selanjutnya Ke Pulau Pahawang, Pulau Pahawang sendiri terdiri dari pahawang kecil dan pahawang besar yang ada penduduknya. sekitar 1000 Kepala keluarga.
Aktivitas memberi makan ikan dengan biskuit. mudah-mudahan
tidak merubah kebiasaan ikan ya, makannanya jadi roti-rotian.....

Lebih seru ketika berlibur mengajak teman. ga boring, bisa isengin temen.
Selain menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan mata, dilokasi ini juga terdapat pantai pasir timbul, orang sini menyebutnya dengan jembatan pasir. nama ini diambil karena memang menghubungkan Pulau Pahawang Kecil dengan Pulau Tanjung Putus. pada saat surut air laut menyusut dan kelihatan pasirnya. sedangkan pada saat pasang, pasir timbul semakin tenggelam oleh air laut.

Bagi yang penasaran pengen ke tempat ini, berikut tips buat kamu agar agenda liburan tetap fun dan happy:
  1. Jangan lupa bawa sunblock, agar kulit ga gosong-gosong amat.
  2. Bawa ganti baju, perkap mandi
  3. Bawa plastik ya untuk membuat sampah makanan yang kalian hasilkan. 
  4. kamera underwater untuk foto-foto di bawah air
  5. Membawa biskuit untuk  kasih makan ke ikan-ikan. jangan lupa bawa air mineral ya untuk wadah biskuitnya nanti,

di tempat ini kita bisa bermain-main dengan ikan di sekitar terumbu karang. tak lupa saya dan teman-teman membawa biskuit untuk makanan ikan. seru banget. sepertinya cocok untuk terapi kebahagiaan. 

selamat berlibur ya..





Bagikan

Jangan lewatkan

Pulau Pahawang, Surganya Snorkling di Lampung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
29 November 2017 19.51

Waaah... Keren banget Pahawang.
Setelah baca, jadi pengen kesana.
Makasih infonya mas

Reply
avatar
30 November 2017 02.05

terimakasih sudah mampir di blog saya Mbak. ayo agendakan ke sana..masih banyak spot yang belum terexplore kemarin...

Reply
avatar
2 Mei 2018 18.42

Masih pengin main lagi ke sini, ke penginapan ngehitsnya, duh pulau pahang memang juara banget deh hehehe

Reply

Pengalaman Belajar Stir Mobil Di Cahaya Stir

Pengalaman Belajar Stir Mobil Di Cahaya Stir Tahun ini saya memang menargetkan bisa menyetir mobil. Dulu sih pernah belajar pas masih...