Selasa, 05 Desember 2017

5 Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berlibur Di Kabupaten Tulang Bawang Barat,


Kali ini saya akan menceritakan tempat wisata di daerah Tulang Bawang Barat [atau lebih familiar dengan istilah Way Abung]. Kabupaten yang termasuk baru ini berjarak kurang lebih 100 km dari Kota Bandar Lampung, atau sekitar 3 jam perjalanan menggunakan Mobil. Kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten Tulang Bawang ini sekarang dipimpin oleh Bupati Umar Ahmad dan Fauzi Hasan sebagai wakil Bupatinya. Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki luas wilayah sekitar 1.201 Km2 dengan 8 kecamatan yaitu Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Udik, Panaragan, Pagar Dewa, Lambu Kibang, Gunung Terang, Gunung Agung dan Way Kenanga. setiap satu bulan sekali saya selalu ke daerah ini secara mertua saya tinggal di Kabupaten Tulang Bawang Tengah, tepatnya di Pulang Kencana. 
Nah disini saya akan berbagi cerita tempat yang cukup iconic di Tulang Bawang Barat, yach meskipun ga setenar di kota besar lainnya, karena memang akses ke tempat ini ga mudah. ada beberapa tempat yang memang sedang dibangun agar Tulang Bawang Barat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Islamic Centre Tulang Bawang Barat: Ikon Baru Kabupaten Tulang Bawang Barat

Islamic centre ini baru dibuka tahun 2016 dan di resmikan oleh Mentri Agama, hingga kini pengembangannya masih dilanjutkan. lokasi tempat yang jadi iconic Tulang Bawang ini di Kelurahan Panaragan Jaya, Kacamatan Tulang Bawang Barat, komplek ini cukup unik karena terdapat 2 bangunan, yang pertama Masjid dan disebelahnya terdapat sesat agung untuk pertemuan adat. maka tempat ini sering disebut perpaduan dunia dan akherat. konsep desain masjid ini berbeda dengan islamic centre yang lainnya. disini kita tidak menemui kubah layaknya masjid. masjid ini berukuran 34 x 34 meter persegi yang melambangkan jumlah sujud dalam solat lima waktu. bangunan yang digunakan untuk solat berjamaah ini juga ditopang oleh 114 tiang yang melambangkan jumlah surat dalam Al-Quran. sedangkan kubah masjid dibuat persegi lima yang menandakan jumlah rukun iman. masjid ini memiliki ketinggian 30 meter hal ini dimaksudkan bahwa dalam Al-Quran terdapat 30 Juz. menarik bukan filosofi pendirian masjid kebanggaan Warga Tulang Bawang ini. 


Tugu Ratu Nago Besanding, tempat yang Instagramable di Tulang Bawang Barat

Lokasi tempat ini berdekatan dengan Islamic Centre Tulang Bawang Barat. Dari Masjid Islamic Centre lurus aja kurang lebih satu kilometer, letaknya pas dipertigaan. kalo kekiri kita akan menuju ke Kelurahan Kagungan Ratu dan kalo kekanan menuju ke Pasar Panaragan Jaya. disini terdapat dua patung naga yang sedang menarik dua orang dengan menggunakan kereta kencana. konon katanya naga ini akan bergoyang apabila mendengarkan lagu dangdut......(hehehe...maaf saya hanya bercanda). jangan lupa ya ditempat ini dilarang menaiki naga tersebut. 


Patung Relief 4 Marga, Patung Hokage Ala Film Kartun Naruto Spudden

Bagi anda penyuka kartun naruto pasti udah paham apa itu patung hokage, ya patung wajah dari para hokage dari hokage pertama hingga hokage terakhir. nah  hal serupa juga ada loh di Tulang Bawang Barat, namanya patung relief empat marga dan baru tahun 2017 ini dirilis. letak tempat wisata yang lagi hits dan kekinian ini di tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah. selain untuk menarik wisatawan, tempat ini juga untuk membuat lebih rame, karena memang sebelumnya banyak kriminalitas di daerah ini. mmh strategi ini cukup baik menurutku. agar aksi begal dan kecelakan di daerah ini bisa dihindari.
Pembangunan Patung relief 4 Marga atau disebut juga dengan Megow Pak ini ada maksudnya loh..ceritanya dulu terdapat persekutuan masyarakat hukum adat yang terbentuk untuk tujuan mempetahankan hak-hak masyarakat hukum adat tulang bawang yang akan dirampas oleh penjajah Belanda. terdapat 4 Tokoh yang diabadikan dalam relief yang pembangunannya masih bertumbuh ini yaitu:

  1. Buay Rujung dengan wilayah Tegamoan
  2. Buay Bolan dengan Wilayah Bolan Udik dan Buay Bolan Ilir
  3. Sembilan Empu dengan wilayah Way Umpu/Mesuji
  4. Buay Sepertung dengan wilayah Aji
Taman Agrowisata, Beraneka Buah Ditanam, masih asri dan sedang berkembang

Ada lagi tempat yang layak anda kunjungi di Tulang Bawang Barat yaitu Taman Agrowisata. lokasinya di Tiyuh Tirta Kencana, Tulang Bawang Barat. akses masuknya melalui SMK pertanian. tujuan pembangunan taman buah ini selain untuk tempat liburan masyarakat juga untuk kegiatan penelitian budidaya tanaman buah unggul. ketika saya kesana belum ada buah yang siap petik, jadi saya hanya bersepeda dan berkeliling di sekitar taman. konsep taman ini mengadopsi agrowisata yang ada di mekar sarai dan tempat-tempat serupa di daerah lain. kita sebagai wisatawan bisa memetik buah sendiri. 

Pasar Ternak Pulung Kencana, Transakti Tempo Dulu Yang Masih Berlaku Hingga Sekarang

Yang menarik buat saya adalah tempat ini, pasar ternak. kalo di Yogyakarta namanya Pasar Kuncen, atau Pasar Ngasem. lokasinya di Pasar Pulung Kencana, Kalo saya membuka pintu rumah langsung terlihat Pasar ternaknya, karena memang pasar yang hanya buka setiap pasaran(Kamis dan Minggu) ini di depan rumah mertua saya. hewan ternak yang dijual kebanyakan berbagai jenis kambing, dan cara menawarnyapun masih unik. tangak yang nawar dimasukkan kedalam sarung.


Transportasi Umum Menuju Tulang Bawang Barat Semakin Mudah dan Banyak Pilihan


Berbeda dengan Tahun 2008 lalu ketika saya masih Bujang, Transportasi menuju Kabupaten Tulang bawang Barat Semakin Mudah. saat ini teman-teman bisa menggunakan Bus damri, Bis odong-odong ataupun menggunakan Travel Plat Hitam. Bis Damri dengan trayek Bandar Lampung (Rajabasa) - Tulang Bawang Barat (Way Abung) hanya satu kali PP. keberangkatan dari Pool Damri Pukul 05.00 WIB. sedangkan dari Way Abung menuju Rajabasa sekitar pukul 09.00 WIB. moda transportasi ini yang sering saya gunakan ketika kembali ke Bandar lampung.  saat ini ongkos Bus damri adalh 35 ribu. bisnya sudah Ac loh dan menurut saya cukup nyaman. selain bis Damri, Bis odong-odong juga memiliki trayek Rajabasa-WayAbung. kalo bis ini dalam sati hari ada banyak yang jalan. hanya saja kalo dari Tulang Bawang barat Pukul 14.00 WIB yang paling sore. harganya sama 35 ribu. bisnya tidak ada AC, terkadang ngetem lama di tempat-tempat pemberhentian. kalo tidak kepepet saya tidak menggunakan bis ini. pernah beberapa kali saya kena palak di Bandar Jaya. kasihan juga penumpang dan sopir bisnya.karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab ini, bis sudah mulai ditinggalkan. pilihan transportasi yang terakhir adalah Travel Plat Hitam. kenapa saya menyebutnya dengan travel plat hitam, ya..karena memang travel ini sebetulnya punya pribadi, tetapi digunakan untuk mengangkut penumpang. memang disini belum ada regulasi untuk para travel gelap seperti ini. buat saya travel ini membantu banget. dan saya termasuk pelanggan setia.











Bagikan

Jangan lewatkan

5 Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berlibur Di Kabupaten Tulang Bawang Barat,
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli? Begini Cara mengecek Keaslian Sertifikat Tanah

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli? Begini cara cek keaslian SHM Yakin sertifikat tanah kamu Asli? Pertanyaan-pertanyaan ini sering mun...