Selasa, 05 Desember 2017

Kebun Raya Bogor, Penyangga Udara di Jantung Kota Bogor


Apakah teman sekalian pernah berkunjung ke Kebun Raya Bogor? nah pada kesempatan ini saya akan berbagi cerita mengenai kebun raya yang lokasinya berdekatan dengan Istana kepresidenan di Bogor.  kebun raya ini merupakan  salah satu satuan kerja di bawah Pusat Konservasi Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. tahun ini Kebun Raya Bogor Sudah berumur 200 Tahun loh....selain Kebun Raya Bogor (KRB) LIPI memiliki 3 Kebun Raya lagi yang dikelola yaitu:
  1. Kebun Raya Cibodas di Cianjur Jawa Barat- Memiliki koleksi tanaman khas dataran tinggi Basah daerah tropis dan sub tropis
  2. Kebun Raya Purwodadi di Jawa Timur- Memiliki koleksi tanaman khas dataran rendah kering daerah tropis
  3. Kebun Raya "Eka Karya" Bedugul di Bali- Memiliki koleksi tanaman khas dataran tinggi  kering
Dari 4 kebun raya yang dikelola LIPI hanya Kebun Raya Eka Karya Bedugul Bali yang belum saya kunjungin.  selain kebun raya yang saya sebutin diatas masih ada kebun raya daerah yang dikelola kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan LIPI. di artikel ini saya akan berbagi cerita tentang Kebun Raya Bogor

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Ke Kebun Raya Bogor

Lokasi KRB sangat gampang di akses kok. kalo dari Lampung kita bisa menggunakan moda transportasi darat atau laut. nah kalo menggunakan darat kita bisa naik Damri jurusan Bogor. pemberhentian terakhir di Botani Square. harga tiket sekitar 250 ribu untuk kelas royal. kalo dari Lampung Berangkat pukul 21 malam. Dari botani tinggal jalan kaki aja turun di gerbang utama. kalo mau naik pesawat juga bisa. naik aja yang jurusan Cengkateng atau halim. abis ntu baru naik Damri bandara turun di Botani Square. mudah bukan?

Apa Aja Yang Bisa Dinikmati di Kebun Raya Bogor

Ketika anda berkunjung kesini jangan sampai melihat dan bermain di tempat yang atraktif. KRB memiliki Banyak Taman diantaranya Taman Mexico, Taman Teijsman, Taman Obat, Taman Air, Taman Soejana Kasan dan Taman Araceae.

TAMAN MEXICO. Kenapa disebut tanaman Mexico? karena memang koleksi tanaman ini berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan termasuk Mexico. di taman ini ditata sejumlah tanaman seperti kaktus, agave dan Yucca yang menyerupai habitat aslinya.
Kenang-kenangan dengan teman angkatan diklat
di Taman Meksiko Kebun Raya Bogor
TAMAN TEIJSMAN, taman ini dibagun untuk mengenang seorang kurator yang bernama Johannes Elias Teijsmann. didirkan pada tahun 1884. ditempat ini juga terdapat tugu untuk memperingati Mr Teijsmann.

TAMAN OBAT. di area ini terdapat tanaman obat-obatan, baik obat herbal maupun obat-obatan medis. disini kita  bisa belajar mengetahui jenis dan fungsi Obat herbal. jadi apakah anda ingin berniat menjadi Tabib? silahkan datang kesini. silahakn bertanya ke petugas KRB.

TAMAN AIR. di dekat dengan gerbang pintu masuk  kita akan menemui Taman air dengan koleksi teratai dan berbagai ikan. kita akan merasa segar mata ketika melihatnya. disini kita juga beristirahat sejenak.

Selain taman-taman tadi di KRB juga terdapat koleksi anggrek loh. saya sempat foto-foto dan melihat anggrek yang sudah menampakkan bunganya. disini kita juga bisa beli bibit anggrek yang dimasukkan dalam botol. saya sempet membeli bibit anggrek tetapi ternyata setelah ditanam di lampung tidak bisa berkembang, Karena diacak-acak sama kucing dirumah. hahahahaha...

Salah satu koleksi anggrek di Rumah anggrek
Kebun Raya Bogor
Anggreknya pas ngembang jadinya cantik



















Bagikan

Jangan lewatkan

Kebun Raya Bogor, Penyangga Udara di Jantung Kota Bogor
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli? Begini Cara mengecek Keaslian Sertifikat Tanah

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli? Begini cara cek keaslian SHM Yakin sertifikat tanah kamu Asli? Pertanyaan-pertanyaan ini sering mun...