Selasa, 05 Desember 2017

Kebun Raya Purwodadi, Pilihan Tepat Berlibur Di Wilayah Jawa Timur

Kenangan dengan rekan diklat PIM IV
Setelah kemarin saya berbagi pengalaman berkunjung ke Kebun Raya Bogor, kali ini saya akan berbagi cerita wisata di Kebun Raya Purwodadi. waktu itu  saya berkunjung ke Kebun Raya milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Ini dalam rangka benckmarking kegiatan Diklat PIM IV. Kenapa benchmarking disini? karena memang Kebun Raya Purwodadi merupakan satuan kerja yang perlu direplikasi kinerjanya. Kebun Raya Purwodadi (KRP) merupakan satker yang memperoleh penghargaan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas, selain itu KRP juga sudah mendapat sertifikat ISO Sistem Manajemen Mutu 9001:2015 dan masih banyak lagi kinerja yang perlu dicontoh. beberapa sistem informasi yang ada di KRP ini akan saya ceritakan di artikel selanjutnya. oh ya, disini ada beberapa teman saya yang memang bekerja di KRP.

Lokasi Menuju Kebun Raya Kebanggaan Provinsi Jawa Timur
KRP terletak di Desa Purwodadi, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. lokasinya di pinggir jalan kok, jadi ga susah nemuinnya, tepatnya di pinggir jalan raya Surabaya- Malang KM 65. ada plang di pinggir jalan tersebut. jadi insyaallah anda tidak kesasar. waktu itu saya berangkat dari Kota malang. perjalanan memakan waktu kurang lebih satu jam.

Rute dari Swees Bel In Malang menuju
Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan Jawa Timur (sumber dari Gogle Maps)
Biaya Tiket Masuk dan Jam Operasional Kebun Raya Purwodadi

Berwisata ke KRP ini tidak perlu mengeluarkan kocek yang banyak kok, cukup terjangkau untuk keluarga anda. disini juga bisa barengan pake bis. berikut saya sampaikan biaya tiket masuk ke KRP (saya ambilkan dari websitenya KRP)

Masuk Wisatawan Domestik                   Rp. 10.000,-
Masuk Wisatawan Asing                         Rp. 16.000,-
Pakir Motor                                           Rp.  3.000,-
Parkir Mobil                                          Rp.   5.500,-
Parkir Bus                                             Rp. 10.500,-
Mobil Keliling                                        Rp. 15.500,-
Sepeda keliling                                     Rp.   8.500,-

Jam operasional Kebun Raya Purwodadi adalah setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. 

Apa Aja Sih Tempat Yang Menarik Di Kebun Raya Purwodadi?

Nah yang paling penting adalah di KRP ini ada apa aja? berbeda dengan Kebun Raya Bogor, di KRP ini terdapat koleksi Tanaman dengan jenis Dataran rendah kering, jadi di lokasi ini tidak sedingin yang ada di Kebun Raya Bogor ataupun Kebun Raya Cibodas. KRP memiliki luas 85 hektar dengan kurang lebih 11.000 koleksi spesies tumbuhan. semuanya ada papan namanya. cocok untuk penelitian  bagi mahasiswa bialogi dan sejenisnya. tempat yang menarik di KRB ini yaitu Taman Meksiko dan Taman Bougenvile. Koleksi tanaman di taman meksiko mirip dengan yang ada di KRB. 

Suasana taman yang adem, bersih dan menyegarkan mata,

Taman Bougenvile, rapi dan bersih,
 foto by: Ibu Titut KRP
ditempat ini kita bisa nyantai bateng keluarga, duduk-duduk manja sambil menikmati indahnya dedauan atau sambil arisan bersama keluarga.bagi anda yang akan menikah tempat ini juga cocok untuk pre wedding dan pesta kebun resepsi pernikahan.di tempat ini juga ada bank biji loh. apa sih bank biji itu? Bank Biji ini berada di unit pembibitan. tujuannya adalah sebagai wadah alternatif yang poensial untuk konservasi sumber daya hayati. jadi biji tanaman dari jenis dataran rendah kering ada disini.kemarin disini saya sempat menanam pohon. mudah mudahan nanti tumbuh besar sesuai cita-cita kami saat dideklarasikan bersama dalam hati...hehe
Taman Meksiko,
foto by Ibu Titut KRP

Suasana kebun Raya Purwodadi disaat siang hari,
cuaca sedang sen

Bagikan

Jangan lewatkan

Kebun Raya Purwodadi, Pilihan Tepat Berlibur Di Wilayah Jawa Timur
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
15 Desember 2017 05.03

Indah dan sejuk. Kapan ya aku bisa ke sana :)

Reply

Dari Kami Untuk Indonesia, Dukung Bersama Asian Games 2018

Dari Kami Untuk Indonesia, Dukung Bersama Asian Games 2018 Sumber gambar:  www.asiangames2018.id Obrolan siang hari pada perteng...