Selasa, 09 Januari 2018

Candi Prambanan, Keagungan Warisan Sejarah Yang Harus Dilestarikan


Itinerary hari ketiga di Kota Gudeg ini adalah Wisata Sejarah di Candi Ratu Boko diteruskan Ke Candi Prambanan dan kegiatan berlanjut ke arah Jogja Bagian utara yaitu mengexplore pasca erupsi gunung Merapi dengan menggunakan Jeep. semuanya akan saya ceritakan melalui blog saya kepada teman sekalian. dalam artikel ini saya akan berbagi pengalaman berkunjung ke candi Prambanan.


Sebenarmya ini bukan kali pertama saya ke Candi Prambanan, sebelumnya saya pernah ke tempat yang penuh sejarah ini bersama teman kuliah, namun waktu itu belum kepikiran untuk mengabadikan setiap landscape yang disini, disamping juga waktu itu masih gaptek, tidak mengenal dunia blog seperti sekarang. jangankan mengenal blog, hp aja belum ada, baru ada jaman pager. tahu kan artinya...saya produk jaman old...hahaha...keliatan tuanya deh saya.

Lokasi Candi Prambanan, Yogyakarta

Candi Prambanan terletak di dua Kabupaten, lokasi Candi Prambanannya terletak di Kabupaten Sleman Yogyakarta sedangkan tempat parkir secara administratif terletak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. meskipun diapit oleh 2 Kabupaten pengelolaannya tidak diperebutkan. lokasi Candi Prambanan ini terdapat di Jalan Raya Jogja - Solo Km 16 Prambanan, Sleman Yogyakarta 55571, Indonesia.

Harga Tiket Masuk Komplek Candi Prambanan Dan Jam Operasional 

Harga tiket masuk Candi Prambanan ini terjangkau kok, anda  cukup dengan mengeluarkan uang Rp. 40.000,- untuk dewasa, sedangkan anak-anak umur 2 s.d 10 Tahun hanya membayar separuhnya saja, yaitu Rp. 20.000,- setiap kali masuk. di Komplek ini juga menyediakan Tiket terusan dari Candi Prambanan-candi Ratu Boko dan Candi Plaosan dengan harga tiket sebesar :
Dewasa                    : Rp. 75.000,-
Anak 3 s.d 10 Tahun  : Rp. 35.000,-
harga tersebut sudah termasuk transportasi gratis ya. saya sarankan kalo tidak bawa kendaraan dan memiliki banyak waktu mendingan ambil paketan ini. 
Jam operasional : 06.00 - 17.00 WIB


Tiket Masuk Candi Prambanan, Rp 40.000,-
untuk sekali masuk orang dewasa

Rute Menuju Candi Prambanan

Menuju Candi Prambanan tidaklah sulit. Candi Prambanan terletak di tempat yang cukup strategis, dipinggir jalan Jogja-Solo. kalopun kita ga tahu asal kepala nengok kekiri aja pasti akan terlihat kemegahan Bangunan yang didirikan pada Dinasti Sanjaya itu. so jangan khawatir kesasar. 

Gunakan Transjogja saja

Kalo dari pusat kota Jogjakarta, kita bisa menggunakan kendaraan umum berupa transjogja. ambil saja Transjogja yang menuju Candi Prambanan, tiket dibandrol dengan harga Rp. 3.600,- turun pas dipemberhentian terakhir. menurut informasi yang saya dapatkan dari kawan, cukup nyaman kok menggunakan moda transportasi ini. murah dan juga nyaman. jalan-jalan jadi hemat.

Naik Bis Jurusan Jogja-Solo

Bis Jogja Solo juga lewat Candi Prambanan, silahkan naik dari teminal Giwangan Jogja atau naik dari Daerah Flyover Timoho. setiap saat bis ini lewat. kita bisa naik kapan saja. Biayanya kalo saya tidak salah sepuluh ribuan.

Sudah ada Fasilitas Grab Kok di Candi Prambanan

Nah moda transportasi ini yang sedang di gandrungi masyarakat kita. kita bisa juga naik Taksi online untuk menuju Candi Prambanan ini. kalo dari pusat kota kurang lebih 30ribuan saja. apalagi kalo pake gopay atau grabpay ya. bakal lebih murce lagi. oh ya di pintu keluar Komplek Candi ini ada fasilitas Grab Corner Loh. kita bisa memesan Taksi Grab tanpa menunggu lama. harga juga sama. bahkan kalo HP kita lowbat, dicorner ini sudah disediakan tab dengan aplikasi Grab. setelah pesan kita bisa menunggu di tempat yang telah disediakan. tak perlu ribet dan repot yaa.. biasanya taksi online ini kan dilarang ya kalo di terminal Bandara. kalo disini malah favorit loh. banyak armadanya juga, jadi anda tidak usah khawatir tidak kebagian mobil.


Grab corner, pesan taksi online jadi lebih mudah
Tempat menunggu taksi online

Candi Prambanan, Keagungan Warisan Sejarah

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu dari abad ke-9 yang dibangun pada jaman Rakai Pikatan, Maharaja Mataram Kuno, Pada Tahun 856 Masehi. Pembangunan Candi ini dimaksudkan untuk Trimurti, ungkapan dari Dewa Pencipta (Brahma), Pemelihara (Wisnu) dan Penghancur (Siwa)

Candi yang merupakan Candi Hindu terbesar di Asia Tenggaa ini memiliki 3 halaman yang tersusun secara konsentris atau memusat dengan halaman satunya yang paling sakral terletak ditengah. jumlah candi dihalaman 1 ada 16 buah, dihalkaman 2 ada 224 buah. sedangkan dihalaman 3 tidak ditemukan candi sebuahpun. 

Kami dipandu oleh pemandu yang hebat, sampai hapal menceritakan kepada kami simbol-simbol dan cerita yang tertempel pada dinding Candi. oh ya Candi ini pernah porak poranda pada saat gempa hebat yang melanda kota Jogja dan sekitarnya pada Tahun 2006 lalu. namun sekarang restorasi sudah mulai tampak hasilnya. 

Kedudukan Siwa sebagai dewa tertinggi dibuktikan dengan ukuran bangunan Candi yang paling besar dan paling tinggi sekitar 47,6 meter. Candi Siwa memiliki 4 bilik yang menghadap 4 arah mata angin. sedangkan Candi Brahma dan Candi Wisnu maisng-masing hanya memiliki 1 buah bilik dengan arca Brahma dan arca Wisnu. 

Candi Prambanan ini tidak terlepas dari kisah cinta legendaris di tanah jawa antara Raden Bandung Bondowoso dan Putri Roro Jonggrang. menurut cerita Roro Jonggrang menerima cinta Raden Bandung Bondowoso asalkan Raden Bandung Bondowoso membangunkan 1000 Candi. untuk mewujudkannya Raden bandung Bondowoso dibantu oleh prajurit jin hingga terbentuk 999 Candi. namun digagalkan oleh Roro Jonggrang ketika hendak mencapai 1000 candi. atas kemarahannya Raden Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu dan melengkapinya menjadi 1000.  konon katanya pamali juga pemuda pemudi yang sedang pacaran berkunjung ke sini. akan segera putus katanya...mitosnya sih seperti itu. 

Apa Saja Fasilitas di Komplek Candi Prambanan

Selain wisata sejarah di komplek ini juga sudah banyak terdapat fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. diantaranya adalah sebagai berikut:

Museum Arkeologi

Museum ini terletak di sebelah utara Candi Prambanan, lebih tepatnya jalan arah keluar. bangunan ini dibuat dengan gaya joglo. didalamnya terdapat banyak peninggalan jaman purbakala seperti temuan-temuan arca disekitar Candi Prambanan, dan batu-batu candi. saya tidak sempet melihat didalamnya karena waktu kami kesini dibatasi hanya 2 jam saja. sementara saya masih pengen mengexplore tempat yang bersejarah ini.

Museum Arkeologi

Sewa dan Foto dengan Kostum Jawa

Fasilitas ini cukup baru, karena pada saat saya kesini dulu belum ada. pengunjung dapat menyewa kostum ala jawa lengkap dengan blangkonnya. asyik kan berfoto berlatar belakang Candi Prambanan ini. serasa ada dijaman purbakala. oh ya fasilitas ini sering digunakan untuk mbak dan mas yang mau menikah. pre wedding gitulah. untuk bisa menikmati foto dengan kostum jawa ini cukup dengan membayar Rp. 50.000,- murah kok, daripada kita musti jahitin baju sendiri. hehe


Add caption

Persewaan Sepeda

bagi kawan yang kecapean jalan kaki untuk mengexplore Candi Prambanan dapat menyewa sepeda. harganya saya lupa. Insyaallah murah juga saya rasa.

Kereta keliling Taman

Taman Rusa

Di deket pintu keluar terdapat taman rusa. selain menikmati keindahan Candi Prambanan kita bisa juga melihat rusa-rusa yang sedang asyik bermain,berlarian.kita juga dapat membeli sayur kangkung untuk kasih makan rusa. saya yakin anak-anak akan suka memberi makan rusa sambil mengenal hewan mamalia ini.


Taman rusa


Jemparingan (Panahan)

Tak kanal dengan yang lain. disini terdapat Jemparingan atau istilah umumnya adalah panahan. alat panah yang digunakan adalah panahan dari kayu. panah tradisional. nah bagi kamu-kamu yang ingin menajamkan fokus silahkan dicoba jemparingan ini. tak ada salahnya. hanya dengan Rp. 20.000,- anda sudah bisa menggunakannya. oh ya harga segitu untuk tiga kali 5 kali memanah ya. olahraga panah ini juga di anjurkan loh agar kita dapat fokus pada apapun. fokus pada pekerjaan ataupun kegiatan yang sedang kita kerjakan.
Area jemparingan


Taman Bermain Anak

Apabila mengajak anak-anak, tempat ini cukuplah representatif untuk mengakomodasi anak kecil yang akan haus akan permainan. banyak permainan yang bisa dicoba mulai dari prosotan, ayunan dan lain-lain

Cafe Jamu Tradisional

ini yang saya tunggu, pas banget dengan kondisi tubuh saya yang tidak fit. langsung saja saya mampir ketempat cafe yang menyediakan beranega ragam jamu godokan. fresh loh dari kuali yang digodok. waktu itu saya memesan jamu masuk angin dan pegal linu. satu gelas ramuan jamu ini saya dapatkan dengan mengganti biaya Rp. 10.000,-

Cafe Jamu tradisional



Bagikan

Jangan lewatkan

Candi Prambanan, Keagungan Warisan Sejarah Yang Harus Dilestarikan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli? Begini Cara mengecek Keaslian Sertifikat Tanah

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli? Begini cara cek keaslian SHM Yakin sertifikat tanah kamu Asli? Pertanyaan-pertanyaan ini sering mun...