Kamis, 04 Januari 2018

Tebing Breksi, Pariwisata Pasca Tambang Yang Lagi Hits Di Yogyakarta

Tebing Breksi, Wisata Pasca Tambang

Hari ketiga saya dan rombongan berada di Yogyakarta, setelah mengunjungi Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia kami beserta rombongan menuju ke Tebing Breksi. selain untuk mencari spot foto-foto yang cihuy, kami juga ada kegiatan capacity building di lokasi bekas tambang batu kapur ini. Capacity Building ini dipandu oleh teman-teman dari Tripnesia, Yogyakarta. Tebing Breksi sendiri merupakan lokasi wisata yang sedang kekinian di bagian timur Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


Sejarah Tebing Breksi Yogyakarta

Sebetulnya Tebing ini berawal dari penambangan yang dilakukan oleh warga setempat, waktu itu warga menambang untuk dijual lagi sebagai material profil bangunan. penambangan sendiri sudah dilakukan sejak tahun 1980an. masyarakat disekitar Tebing Breksi ini mengandalkan Tambang Kapur sebagai mata pencaharian. namun semenjak ada laporan dari peneliti bahwa Penambangan yang dilakukan warga ini harus dihentikan, karena merupakan batuan kapur vulcano dari Gunung Api Purba Nglangeran Gunung Kidul, Yogyakarta. sehingga keberadaannya harus dijaga dan dilestarikan. Oleh karena itu pada  Tahun 2014  Pemerintah setempat menjadikan Tempat ini sebagai cagar budaya, Taman Geologi. dengan adanya kebijakan ini tentunya warga sekitar yang tadinya mengandalkan penambangan sebagai penopang ekonomi keluarga menjadi hilang. saya angkat topi untuk warga sambirejo ini yang tidak demo kepada pemerintah. namun menggunakan otak kreatifnya, keluar dari zona nyamannya, menjadikan Tebing Kapur ini menjadi tempat wisata. lokasi bekas penambangan disulap menjadi tempat yang layak anda kunjungi saat ke Yogyakarta, warga mengukir dinding tebing-tebing ini hingga menjadi spot foto-foto. instagramable banget lah pokoke. empat jempol deh untuk warga Sambirejo, Prambanan Sleman, Yogyakarta.


Capacity Building di Tebing Breksi


Banyak Spot Instagramable Yang Patut Dicoba

Apa aja sih yang bisa dinikmati ditebing pasca tambang ini? tenang disini banyak spot-spot foto yang instagramable banget. teman-teman tinggal cekrek dan upload deh di media sosial masing-masing. 
1. Berswafoto dengan Burung Hantu. ada beberapa tempat di tangga menuju puncak tebing, diatas tebing dan dibagian bawah tebing.
2. pinggiran tebing-bisa foto dengan latar belakang gunung merapi. jika beruntung kala tidak mendung foto kita menjadi lebih keren kelihatan gunung merapinya dibelakang kita.
Pinggir tebing, berlatar Gunung Merapi
dan Candi Prambanan. 

3. Jika kesana sore hari kita akan liat sunset dari timur kota Yogyakarta. temen-teman bisa foto secara siluet.


Menantang matahari di sore hari

4. di dinding yang ada ukiran wayang. ini sering antri disini. karena banyak yang mau pamer foto disini.


Akhirnya saya dapat giliran foto juga disini

5. di atas bukit yang ada patung bagongnya. saya sempat foto disini. sumpah. bagus banget pemandangan dibawah.


Salah satu spot yang diminati pengunjung

6. dibagian bawah ada kursi teater yang dibuat melingkar, seperti teater tempo kerajaan romawi.


Kursi teather, memanjang digunakan untuk
pertunjukan atau acara acara formal

7. di tulisan Tebing Breksi. tempat paling depan. disini juga bisa foto grup loh. karena ada anak tangga yang memanjang. 


Berfoto Grup didepan tulisan Tebing Breksi. Photo Credit By: Yayat

Biaya Tiket Masuk Tebing Breksi

Biasanya masuk ke tempat yang lagi hits seperti ini pake bayar. namun ternyata untuk saat ini masuk Tebing Breksi masih gratis, serasa ga percaya saya. langsung saja saya datengin dibagian petugas karcis parkir kendaraan. mereka mengatakan kalaupun teman-teman mau bayar dipersilahkan seiklasnya saja. meskipun tidak dikenakan tiket masuk, parkir tetap harus bayar donk. dan bayarannya flat, ga ngikutan jumlah jam kayak di tempat perbelanjaan. kalo kawan pake motor hanya dikenakan parkir Rp.2000.- saja, sedangkan untuk mobil Rp. 5000,- dan bis Rp. 10.000,- kebayangkan murahnya. mumpung masih gratis yuks agendakan ke sini. he.he.he

Rute Menuju Tebing Breksi

Menuju Ke tempat yang lagi jadi incaran para traveller ini tidak sulit kok sobat, disini saya akan membagikan rute jika dari arah Bandara Adisucipto,  kota yogykarta. Dari Bandara keluar kearah jalan solo, belok kanan lurus aja ke arah Candi Prambanan, Pas pertigaan lampu merah di candi Prambanan silahkan belok Kenanan, lurus aja sampai ada tanda Papan Petunjuk Jalan Tebing Breksi. ikutin aja arahnya pasti sampe deh. oh ya tebing ini termasuk tinggi ya, jadi kalo menggunakan motor gunakan gigi 1 saja. berikut saya ambilkan rute melalui google maps.

Rute menuju Tebing Breksi Yogyakarta Melalui Jalan Solo -
Jalan Piyungan- Candirejo

Fasilitas Yang Ada di Tebing Breksi

Meskipun relatif baru tetapi tempat ini sudah cukup lengkap menurut saya, ada toilet di bagian bawah. bayarnya seiklasnya. kalo kita lapar dibagian timur tebing sudah tersedia foodcourt untuk mengobati perut yang meminta jatah pasokan makanan.


Food court dan musola
Tebing Breksi, Tempat Wisata Baru Yang Masih Berkembang 
Meski relatif baru, tempat wisata yang jadi alternatif ini sedang membangun untuk menjadi tujuan wisata yang bisa diandalkan. kursi teater akan diberbanyak lagi.

Tempat Wisata di Sekitar Tebing Breksi


Selain Tebing Breksi teman-teman bisa berwisata ke tempat wisata disekitarnya. Di areal ini terkenal dengan pelestarian cagar budaya arkeologi. banyak Candinya disini seperti Candi Ijo, Candi Ratu Boko, Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Sewu dan lain-lain. saya sarankan gunakan waktu seharian untuk berkunjung ke daearh ini. jaraknya juga gak jauh jauh kok.  

Tips Berekreasi di Tebing Breksi.

saya sarankan untuk menggunakan sepatu yang anti selip karena kita akan menaiki tangga. selain itu gunakan topi ya, terik matahari akan membakar kulit kita..hahaha..pake aja sunblok. kalo saya sih ga pake apa-apa. secara saya sudah hitam. satu hal yang jangan sampai ketinggalan adalah power bank, untuk menjaga agar Hp kita tetap bisa exis berfoto ria.







Bagikan

Jangan lewatkan

Tebing Breksi, Pariwisata Pasca Tambang Yang Lagi Hits Di Yogyakarta
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

12 komentar

Tulis komentar
avatar
4 Januari 2018 22.37

Tempatnya bagus. Saya pas ke jogja pernah ke sini. Tapi pas hujan dan badai dahlia mau muncul beberapa hari kemudian. Dan jogja diguyur hujan setiap hari. Jadii dua mnggu di jogja gak ketemu terang. Sedih ey. Padahal bagus tempat ya

Reply
avatar
4 Januari 2018 22.41

Keren nih tempatnya buat spot foto-foto.

Reply
avatar
4 Januari 2018 22.53

duh, reviewnya bikin jadi pengen terbang ke Jogjes.

Reply
avatar
4 Januari 2018 22.59

iya mas. sekarang tempatnya lagi diperlebar lagi di sebelah kiri tempat duduk teather. wah belum beruntung ya. ke jogja pas iklimnya tidak mendukung

Reply
avatar
4 Januari 2018 23.02

Iya mas, ayo ajak murid-murid untuk study tour ke Jogja. sisakan waktu satu hari rekreasi didaerah jogja bagian timur. tidak hanya tebing breksi saja, tapi disekitarnya seperti candi ijo, candi prambanan dan lain-lain

Reply
avatar
4 Januari 2018 23.03

Mbak Novi Nusaiba, nabung dulu buat perjalanan di Jogjes...
hehehe

Reply
avatar
4 Januari 2018 23.05

Wah, keren-keren fotonya, itu ada kursi panjang2 kaya stadion bola..

Reply
avatar
5 Januari 2018 05.42

iya mas. kursinya didesain seperti teater jaman kerajaan roma, disana bisa dipake untuk acara konser dan teaterikal. kemarin ada event tahun baruan disana juga. ayo mas agendakan kesana. mumpung masih gratis loh...

Reply
avatar
5 Januari 2018 10.51

Tiap pulang kampung ke Jogja selalu kebagian peak season.. jadi pasti deh kalo ke tempat wisata heitss ramenya bejibun.. huhu. Pengen sesekali pulang pas Jogja sepi gitu. Jadi bisa jalan sama kulineran sepuasnyaa. Hahaha

Reply
avatar
6 Januari 2018 05.52

Iya Mbak bener banget. aku juga kalo pulang ke Jogja selalu peak season, dan itupun waktunya selalu teruntuk keluarga. secara di Jogja banyak trah yang harus dikunjungi. btw tempat ini sedang bertumbuh Mbak, jadi kalo Mbak kesini Insyallah sudah lebih apiiik dan lebih instagramable banget.

Reply
avatar
7 Januari 2018 02.21

Wah tempatnya bagus banget ya? Suasana dan alam terbuka seperti itu pasti udaranya segar. Mau ah kalau pas ke Yogya ke Tebing Breksi, penasaran saya. Kreatif banget penduduknya, merubah resah menjadi berkah..

Reply
avatar
7 Januari 2018 07.24

Iya, alam disana masih segar, udara fresh, pemandangan dikala cerah luar biasa. bisa memandang keindahan Gunung Merapi disebelah utara. juga candi Prambanan yang nan eksotik. penduduknya juga ramah. patut dicoba kesana

Reply

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli? Begini Cara mengecek Keaslian Sertifikat Tanah

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli? Begini cara cek keaslian SHM Yakin sertifikat tanah kamu Asli? Pertanyaan-pertanyaan ini sering mun...