Selasa, 06 Februari 2018

Serunya Melihat Gerhana Bulan Total Di ITERA Lampung Selatan

Mengamati Gerhana Bulan

Serunya Melihat Gerhana Bulan Total Di ITERA Lampung Selatan - Seminggu sebelum acara Pengamatan gerhana Bulan Total saya mendapat info dari grup Wa alumni ITB. yang isinya adalah mengajak masyarakat untuk mengamati gerhana Bulan Total dengan menggunakan teleskop yang dimiliki oleh ITERA. saya langsung mengajak istri dan teman untuk ikutan. cukup dengan membayar sepuluh ribu saja kita sudah bisa mengamati gerhana bulan total.
Flyer Pengamatan Gerhana Bulan Total
Sumber Foto: Panitia Gerhana
Saat harinya tiba, Rabu, Tanggal 31 Januari 2018, saya menunggu teman yang menjemput, karena memang saya nebeng kawan untuk bisa berangkat ke ITERA. ini pengalaman pertama saya mengamati gerhana bulan total dengan menggunakan teleskop, jadinya saya menanti-nanti jemputan yang tak kunjung datang, dalam hati menggerutu, hehehe..tapi harus sabar ya. gate ITERA nya dibuka pukul 4 sore. tetapi pengamatan gerhana dilakukan pukul delapan malam. Alhamdulilah yang ditunggu-tunggu datang juga. langsung saja saya selepas magrib cuz ke ITERA. kurang lebih perjalanan 20 menit. yang utama dari kegiatan hari ini adalah sholat gerhana bulannya, maka kami langsung menuju ke Masjid ITERA untuk mengikuti sholat gerhana bulan secara berjamaah. sesampainya di masjid ITERA ternyata sholat gerhananya sudah selesai, waktu menunjukkan pukul tujuh lebih lima belas menit. duh sayang dalam hatiku. momen yang ditunggu terlewat begitu saja. tidak mau rugi saya dan teman sholat gerhana berjamaah sendiri. Sholat gerhana ini berbeda ya dengan sholat sunah lainnya. ada tata caranya. berikut tata cara sholat gerhana bulan.

Tata cara Sholat Gerhana

Dalam seminggu juga viral beberapa gambar mengenai tata cara sholat gerhana, saya juga tak luput dari informasi ini. mendapatkan infografis tata cara sholat gerhana. seperti yang ditampilkan dalam gambar berikut ini.


Infografis Tata cara Sholat Gerhana, Sumber: NU

Sholat Gerhana dilakukan sebanyak 2 rakaat, sebelumnya diniatkan dulu ya. pada rakaat pertama setelah takbiratul ikram membaca surat Al-Fatehah dan surat lain, kemudian rukuk dan bangkit lagi, membaca Surat Alfatehah dan dilanjutkan surat lain. kemudian rukuk dan dilanjut dengan bangkit dari rukuk (i'tidal) kemudian Sujud, dilanjutkan lagi duduk diantara 2 sujud, sujud lagi. hal yang sama dilakukan pada rakaat yang kedua. simpel kan. jangan lupa setelah salam berdoa. semoga keinginan kita dipenuhi segera oleh Allah SWT.


Pengamatan Gerhana Total dengan teleskop ITERA

Setelah sholat Gerhana saya dan teman-teman berpindah tempat ke area pengamatan gerhana Bulan Total. yaitu di sekitar embung C. embung C ini di arah kanan dari Gerbang Utama ITERA. tak lupa kami registrasi terlebih dahulu, karena kami datangnya telat maka sudah tidak mendapatkan snack lagi..hehehe..ngarep ya...so.. lain kali datangnya lebih awal ya biar ga berjubel begini. suasananya gelap, ya namanya juga pengamatan di langit diwaktu malam hari. di arena ini terdapat puluhan teleskop yang sudah di antriin oleh banyak pengunjung. sayapun tidak ketinggalan. ikutan antri di paling belakang. maklumlah yang datang belakangan. suasana saat kemarin tidak mendukung, kelihatan mendung, sehingga bulan tertutup dengan awan. pengamatan dengan teleskop jadi terganggu. tapi untunglah saya sempat melihatnya walau hanya sebentar. menurut ilmuwan nama gerhana ini adalah super blood moon. konon katanya akan ada lagi yang kayak beginian 150 Tahun lagi. hanya anak cucu kita nanti yang akan mengalaminya lagi. hehehe...

Penampakan Gerhana Bulan Total,
Sumber foto dari kawan Grup Wa

Tips Mengamati Gerhana Bulan di ITERA

Dari pengalaman saya selama mengikuti serangkaian acara pengamatan Gerhana Bulan Total di ITERA ada beberapa tips yang bisa dibagi untuk teman-teman sekalian.

  • Suasana pengamatan gelap. jadi sebisa mungkin jaga barang bawaan anda, terutama yang bentuknya kecil seperti kunci mobil atau yang lainya. kemarin aja kartu parkir saya hilang. susah kan nyarinya. untung pak satpam baik hati deh.
  • Yang paling penting ikuti Sholat gerhananya secara berjamaah, tanyakan pada panitia kapan waktunya sholat gerhana. dari situ kamu bisa mengukur waktu kapan harus sampai lokasi.
  • Datang lebih awal, kalo bisa sore.bisa mejeng photo-photo kan asyik. 
  • Daftar dulu melalui google fotrm yang dibagikan oleh panitia. sehingga kamu ga ketinggalan info.
  • bawa payung ya, jaga- jaga aja kalo pas pengamatan hujan.













Bagikan

Jangan lewatkan

Serunya Melihat Gerhana Bulan Total Di ITERA Lampung Selatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli? Begini Cara mengecek Keaslian Sertifikat Tanah

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli? Begini cara cek keaslian SHM Yakin sertifikat tanah kamu Asli? Pertanyaan-pertanyaan ini sering mun...