Senin, 05 Februari 2018

Tak Perlu Ke Jepang, Bunga Sakura Dapat Dinikmati Di Kebun Raya Cibodas

Bunga Sakura, Sumber Foto : KRC

Ya, beneran tak perlu pergi ke negeri Matahari Terbit untuk bisa memandangi indahnya bunga sakura.  Bunga sakura yang akan berbunga setahun dua kali ini dapat anda nikmati di Jawa Barat saja, tepatnya di Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya Cibodas merupakan satuan kerja di Bawah lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Selain Kebun Raya Cibodas, LIPI mengelola juga 3 Kebun Raya Lainnya yaitu  Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Eka Karya, Bali. Hanya Kebun Raya Eka Karya, Bedugul Bali saja yang belum saya sambangi, Insyaallah masih ada jodoh bertemu dengan indahnya Kebun raya kebanggaan warga Pulau Dewata itu.

ALamat Lokasi Kebun Raya Cibodas

Alamat Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas adalah di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur 42353. perjalanan dari pusat kota Bogor Menuju Ke Kebun Raya Cibodas kurang lebih dapat ditempuh dalam waktu 1 sampai dengan 2 jam. Direction dari Botani Square, Tegallega, Bogor dapat dilihat digambar berikut.

Peta lokasi Ke arah Kebun Raya Cibodas

Biaya Masuk Kebun Raya Cibodas

Tiket masuk Kebun Raya Cibodas ini cukup terjangkau kok gaes, hanya dengan modal Rp. 16.500 kamu sudah bisa menikmati keindahan vegetasi Tumbuhan di Dataran Tinggi basah. jika kamu naik motor dikenakan tambahan tarif Rp. 5000,- per kendaraan.  dan Rp. 16.000,- untuk kendaraan roda empat. 

Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas||
 Sumber Foto: FB KRC

Seperti halnya di Kebun Raya Bogor, di KRC ini juga terdapat taman-taman tematik di dalamnya. salah satu yang hits saat ini adalah Taman Sakura. Selain itu terdapat taman lumut, taman Rhododendran (Azalea), Koleksi paku-pakuan dan koleksi tanaman obat.

Taman Sakura Di Kebun Raya Cibodas

Taman sakura ini dibangun pada masa peninggalan Belanda. luas taman ini kurang lebih 6.647 meter persegi pada Tahun 2007. Bunga sakura di Taman ini berbunga  2 kali dalam setahun yaitu kisaran Bulan januari - Februari dan Juli - Agustus dengan sekali berbunga bisa bertahan hingga 4 harian. warna bunga sakura merah muda dan semburat putih. sayang sekali pada saat saya kesini Bunga sakuranya tidak sedang berbunga..huhuhu. kenapa sih Bunga sakura bisa tumbuh di Kebun Raya Cibodas? ternyata kontur tanah dan ketinggian daratan mirip dengan bunga sakura yang asli di sononya. di Jepang. 




Pelayanan Apa Aja Yang Ada di Kebun Raya Cibodas?

Di Kebun Raya Cibodas, selain bisa menikmati keindahan alamnya. kalo pas beruntung kamu bisa melihat crew film yang sedang shooting di tempat ini. film sinetron kolosal ala-ala Indonesia tempo dulu pernah shooting disini loh gaes. berikut tarif yang dikenakan jika ingin shooting di Kebun Raya Cibodas (tarif sesuai PP No 106 tahun 2012).
Pengambilan Shooting Sinetron (15 Mobil +25 Orang) Rp. 3.500.000,-/hari
Pengambilan Shooting Iklan (20 Mobil + 30 Orang) Rp. 6.000.000,-/hari
Pengambilan Shooting Vidio Clip (120 Mobil + 20 Orang) Rp. 2.000.000,-/Hari
Film Dokumenter Rp. 1.500.000,-
sedangkan jika digunakan untuk pemotretan dapat dilihat tarifnya seperti ini:
Non Komersial Rp. 1.000.000/hari
Komersial  Rp.2.000.000,-/hari

selain pelayanan untuk shooting dan vidio clip Kebun Raya Cibodas juga memiliki Guest House ada 3 tipe Guest House yang dimiliki. saran saya jauh jauh hari sebelumnya kalo mau sewa Guest House ini, karena banyak peminatya. berikut tarifnya:
Medinilla (9 Kamar, 18 kamar tidur) = 3.600.000,-/hari
Sakura (5 Kamar, 10 tempat tidur) = 2.000.000,-/hari
Eucalyptus (1 kamar, 2 tempat tidur) = 2.000.000.-/hari

Guest House Tipe Medinilla, Sumber Foto: website KRC









Bagikan

Jangan lewatkan

Tak Perlu Ke Jepang, Bunga Sakura Dapat Dinikmati Di Kebun Raya Cibodas
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

4 komentar

Tulis komentar
avatar
9 Februari 2018 01.34

Wah.. asik tuh mas, kalau ke bogor boleh juga mampir ke destinasi wisata alam ini. Dulu pernah ke bogor tapi ke kebun raya bogor, selain buga sakura ada tanaman unik lain gak mas?

Reply
avatar
9 Februari 2018 01.38

iya mas. for your information kebun raya bogor itu juga LIPI yang mengelola, nah untuk di kebun Raya Cibodas ada beberapa taman tematik juga mas selain taman sakura. ada taman lumut. taman obat dan lain-lainnya.

Reply
avatar
22 Februari 2018 07.33

Seru juga ya bisa ngelihat bunga sakura, di Indonesia ternyata ada ya

Reply
avatar
22 Februari 2018 07.55

Dulu, sakuta jadi tanaman di pekarangan rumah Umi

Reply

Pengalaman Belajar Stir Mobil Di Cahaya Stir

Pengalaman Belajar Stir Mobil Di Cahaya Stir Tahun ini saya memang menargetkan bisa menyetir mobil. Dulu sih pernah belajar pas masih...