Sabtu, 19 Mei 2018

Rute Dan Biaya Berlibur Ke Pulau Pahawang, Pesawaran, Lampung

Siap siap trip ke Pulau Pahawang
Dan sekitarnya

Slumuth Family- Ini kali ketiga saya menikmati keindahan bawah laut di Pulau Pahawang dan sekitarnya. rencana ini sudah dirancang beberapa bulan yang lalu. sebenarnya kami berniat untuk nginep di Teluk Kiluan, Tanggamus. Impian kami  ingin melihat lumba-lumba dari dekat.  tetapi masih saja dalam tahap rencana hingga sekarang. Acara ke Pulau Pahawang kali ini juga kurang lengkap anggotanya. tetiba ada satu anggota tim ceria ginuk-ginuk (begitu kami menamakannya) yang harus terbang ke Jakarta untuk Tugas Negara. okeylah..kami pergi dengan bahagia tanpa si dia...hahahaha.....


Rute Menuju Ke Pulau Pahawang, Pesawaran


Secara Administrasi Pulau Pahawang dan sekitarnya terletak di Kabupaten Pesawaran. kami bersebelas ke Pulau yang eksotik dan kaya akan terumbu karang dengan menggunakan dua mobil.  Berikut rute yang kami lewati dari Way Halim, Bandar Lampung:
Way Halim - Jalan Kimaja - Jalan Teuku Umar - Jalan Raden Intan - Tugu Adipura (Tugu Gajah) - Jalan Diponegoro - Jalan Hasanudin - Pasar Mambo - Jalan Malahayati - Jalan RE Martadinata - Jalan Lempasing - Pantai Mutun - Pasar hanura - Pantai Sari Ringgung - Pelabuhan Ketapang.


Salah satu anggota tim ceria
sebelum nyemplung ke air laut

waktu perjalanan kurang lebih satu jam. oh ya Pelabuhan ketapang ini pelabuhan yang kecil ya, jangan dibayangkan kayak pelabuhan bakauheni, Lampung Selatan. sesampainya di Pelabuhan Ketapang kami langsung memarkirkan kendaraan di dekat Dermaga 2. kami terlebih dahulu sudah janjian dengan pemilik kapal yang akan membawa kami berkeliling sekitaran pulau.


Menyelam adalah hobiku. Menikmati pemandangan
 air laut adalah menyenangkan bagiku

Sudah Ada Angkutan Umum menuju Pulau Pahawang

Saat ini sudah tersedia angkutan umum menuju Pulau Pahawang dari Bandar Lampung PP loh. Trans Lampung namanya. biayanya juga murah. anda cukup mengeluarkan isi dompet 25.000,- untuk sekali jalan. tempat pulnya di Stasiun Kereta Api Tanjung Karang (Bandar Lampung) dan Pelabuhan Ketapang (untuk Pulau Pahawang) berangkat dari Stasiun 2 kali yaitu jam 8 dan jam 1 siang. sedangkan dari Pahawang Pukul 1 dan Pukul 4 Sore. pas Bukan Waktunya. cukup sehari saja berlibur kesana. liburannya dapet, murahnya juga dapat. saya sendiri belum pernah nyoba sih. jadi ga bisa cerita. 

Berenang bareng ikan

Biaya Berlibur Ke Pulau Pahawang, Pesawaran

Keseruan kami kemarin menikmati pasir putih di pulau-pulau sekitar Pahawang tidaklah mahal. setelah dihitung-hitung dan dibagi perorang hanya sekitar 165ribuan saja. sebandinglah dengan kebahagiaan dan refresh otak setelah seminggu bekerja. ini beneran piknik yang murah tapi menang banyak. biaya tersebut meliputi biaya kapal, sewa snorkling, dan sewa kamera underwater. rincian detilnya dapat dilihat ditabel berikut ya gaes:

SPEND EXPENDITURE
PIKNIK KE PAHAWANG GRUP CERIA GINUK2
SABTU, 12 MEI 2018
No Uraian Pengeluaran Volume Satuan               ( Rp) Jumlah (Rp)
1 Sewa Kapal [Kapasitas 15 Orang] 1 Kapal         600.000            600.000
2 Sewa Kamera Under Water 1 Hari         200.000            200.000
3 Sewa Snorkling  7 Set           50.000            350.000
4 Sewa Pelampung anak 4 Buah                    -                       -
5 Parkir Mobil 2 Mobil           10.000              20.000
SUB TOTAL PENGELUARAN       1.170.000
Diskon              20.000
 TOTAL PENGELUARAN       1.150.000
Total Peserta dewasa 7 Orang
Iuran Peserta per orang            164.286
Pembulatan            165.000

Oh ya bagi teman-teman yang dari luar Lampung bisa menghubungi Pak Kaja. dia memiliki 4 Kapal yang bisa disewakan (termasuk guidenya) berikut nomor Hpnya 0812-7286-2721

I can fly. Bahagianya lepas yach

Kemana Aja kami? Selain Ke Pulau Pahawang?

Bukan hanya Pulau Pahawang yang kami nikmati disiang hari, kami mengitari beberapa pulau yang berpasir putih. Rute pertama kami ke dekat pahawang kecil, snorkling dulu mumpung belum panas banget. kami sudah dilengkapi dengan baju pelampung, kacamata dan snorkle serta fin (kaki katak). kami memberi makan ikan dengan roti dan biskuit. ikannya banyak banget. oh good. Luar biasa indahnya bawah laut ini. terumbu karang yang tertata rapi dan airnya yang jernih membuat kami betah berlama-lama disini. oh ya disetiap spot snorkling ini kita harus bayar 25.000,- untuk biaya kebersihan dan kerapihan terumbu karang. selama menyelam dilarang menginjak terumbu karang ya. soalnya nanti terumbu karangnya bakal rusak. dan butuh waktu lama untuk bisa tumbuh lagi. kasihan anak cucu kita nanti sudah tidak bisa menikmatinya. setelah puas di spot pertama ini kami pindah spot ke-2. spot kedua ini tidak kalah amazingnya dengan tempat pertama. 

Beraksi di Pantai Pasir Timbul
Foto by Fitri

Setelah itu kami menepi di Pantai pasir timbul. kenapa disebut Pantai pasir timbul karena pada saat surut keliatan banget seperti jembatan yang menghubungkan antara kedua pulau yaitu Pulau Pahawang Kecil dengan Pulau Pahawang besar. kami beruntung masih bisa menikmati pasir pantainya yang putih. sebaiknya kalo kesini agak pagian ya, biar bisa foto-foto. spotnya kena banget deh. kurang lebih pukul 12an siang airnya pasang sehingga pasir timbul sudah mulai tertutupi oleh air laut. 

Santai sejenak di Pulau Kelagian Kecil

Setelah itu kami berpindah tempat ke Pulau Kelagian kecil. disini kami Makan siang bekal yang kami siapkan dari rumah. teman-teman jangan khawatir jika tidak  membawa bekal. di Pulau yang cukup bisa terjangkau luasnya ini tersedia warung kecil. anda bisa membeli popmie atau gorengan. ditempat ini juga tersedia kamar bilas dan mushola. kami sempat sholat Dhuhur disini sebelum pindah tempat kembali ke pelabuhan ketapang.

Dipotoin sama babang yang lagi lewat

Tips dari Kami bagi anda yang ingin berlibur ke Pulau Pahawang

Berikut tips dari kami untuk anda yang ingin berlibur ke Pulau Pahawang bersama keluarga ataupun teman dekat anda.
  1. Bawa topi besar. tahu sendiri kan kalo dipantai itu panas banget. nah dengan topi akan membantu. setidaknya mengurangi sinar yang langsung mengenai muka kita.
  2. Jangan lupa membawa sunblock atau hand body yang mengandung SPF tinggi. ini gunanya mengurangi kulit kita dari kegosongan. meskipun tetap gosong sih kayak saya...hahahaha...
  3. Bawa kamera underwater sendiri. nah ini yang penting banget, jika ga ingin kecewa hasil cepretan bawah laut. gunakan kamera yang memang mantap jiwa. kemarin saya sewa disana sih dengan harga 200.000,- tanpa micro SD. stelah sampai rumah ternyata cashing kamera rada blur. alhasil jepretan kami saat di laut jadi kurang siplah. 
  4. Bawa botol air mineral  dan biskuit untuk kasih makan ikan. ini juga penting kalo kita ingin berlama-lama bermesraan dengan ikan-ikan. 
  5. bawa properti untuk photo-photo. kalau kalian mau foto yang bertema dan ga biasa bawa aja properti yang mendukung. hasil foto jadi lebih gimana gitu.
okay. itulah tadi keseruan kami berlibur seharian di Pulau Pahawang. masih ada tempat yang belum di eksplor sih yaitu Pantai tanjung Putus, Pulau tegal (mahitam). karena kami udah kecapean. oh ya bagi yang ingin tanya tanya wisata dilampung bisa kontak saya atau komen di kolom komentar ya. terimakasih.


Bagikan

Jangan lewatkan

Rute Dan Biaya Berlibur Ke Pulau Pahawang, Pesawaran, Lampung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

10 komentar

Tulis komentar
avatar
20 Mei 2018 08.22

terimakasih. lain kali mengexplore tempat yang lebih indah ya. ada taman nemu juga belum kita jabanin. katanya lebih indah pemandangannya. pulau tegal juga kelewat kemarin.

Reply
avatar
21 Mei 2018 23.18

Itu biayanya sudah dapat semua fasilitasnya? Harus rombongan dong ya.. Pengen banget kesana belum keturutan. Belum ada rombongannya 😂

Reply
avatar
22 Mei 2018 19.03

Wah mantap ni infonya, tqpi saya sendiri udh nggak menjadikan pahawang sbg lokasi tujuan wisata lagi. Huhu rindu pahawang yg dulu

Reply
avatar
22 Mei 2018 19.11

iya Mbak. kondisi sekarang udah ga kayak pas pertama kali saya ke pahawang. tugas kita yag harus melestarikan. menjaga alam agar anak cucu kita masih merasakan indahnya surga pahawang

Reply
avatar
22 Mei 2018 19.14

iya Mbak anggun. biaya diatas udah termasuk fasilitas. tetapi belum termasuk transport dari Bandar Lampung Ya.. kalo mau lebihmurah lagi harus banyakan mbak. karena kapal kapasitasnya 15-20 orang. jika diisi 15 biayanya akan lebih sedikit.

Reply
avatar
23 Mei 2018 14.48

Jadi pengen ke Pahawang, tinggal di Lampung malah blm sampai ke sana. Hem, cukup murah ya biayanya. Oy jadi berapa tempat untuk snorkling? Biar sekalian diitung biayanya.

Reply
avatar
25 Mei 2018 18.49

Lengkap sekali ini informasinya. Orang di luar Lampung pun jadi lebih bisa paham ya. Saya sendiri belum pernah ke Pahawang 😁😁

Reply
avatar
2 Juli 2018 18.47

Wah nice artikel dan informatif. Tapi saya pribadi belum merasa puas main ke Pahawang ingin ke taman Nemo juga. Hanya memang perlu dijaga agar tetap lestari. Eh kasi makan ikan jangan banyak2 air jadi keruh hehe

Reply
avatar
2 Juli 2018 18.48

Wah nice artikel dan informatif. Tapi saya pribadi belum merasa puas main ke Pahawang ingin ke taman Nemo juga. Hanya memang perlu dijaga agar tetap lestari. Eh kasi makan ikan jangan banyak2 air jadi keruh hehe

Reply

Dari Kami Untuk Indonesia, Dukung Bersama Asian Games 2018

Dari Kami Untuk Indonesia, Dukung Bersama Asian Games 2018 Sumber gambar:  www.asiangames2018.id Obrolan siang hari pada perteng...