Rabu, 27 Juni 2018

KOMUNITAS ATAU INSTANSIMU MAU MENGADAKAN DONOR DARAH MASAL? CATAT: BEGINI PROSEDURNYA




Pengambilan darah Oleh Unit Transfusi Darah
 Provinsi Lampung

Kemarin pagi saat saya mulai membuka HP. Menyisir Whatsapspyang masuk di HP yang baru aku nyalakan karena malamnya aku chas dan dimatikan. Disalah satu grup ada post yang sedang membutuhkan darah untuk transfusi “ Rekan-rekan, adakah yang bergolongan darah B dan bersedia menyumbangkan darahnya? Kami sedang membutuhkan segera golongan darah B untuk kepentingan medis yang mendesak. Atas perhatian dan kebaikannya kami sampaikan terimakasih. Bagi yang bersedia mohon dengan segala kerendahan hati bantuannya dapat menghubungi no wa saya berikut (+32XXXXXXXXX/a,n) salam”. Wah pas banget dalam hatiku. sudah hampir 6 bulan lebih saya tidak berdonor darah. Tak panjang pikir saya pun segera menghubungi nomor kontak tersebut. Malamnya aksi pengambilan darahpun dilakukan.


Banyak banget info yang saya dapatkan di UPT.  Transfusi darah Provinsi Lampung. Disitu saya mengambil brosur untuk bahan artikel blog saya. Oh ya komunitas kamu ingin mengadakan donor darah massal? Atau instansi kamu ingin mengadakan acara sosial pengumpulan donor darah secara sukarela secara berkelompok? Berikut tata cara dan prosudernya

Prosedur Donor Darah sukarela secara berkelompok (Mobil Unit)

1. Syarat minimal di dalam kota Bandar Lampung adalah 30 orang, sedangkan untuk luar kota Bandar Lampung minimal ada 50 orang pendonor sukarela.

2. Terlebih dahulu kamu mengajukan surat permohonan kerjasama (minimal +/- 1 bulan sebelum pelaksanaan, namun konfirmasi penjadwalan tanggal silahkan terlebih dahulu kontak bagian rekuitmen:

Joni Herlambang
Hp                    : 0811 7210 523
Kantor             : 0721 – 703020
Email               :jouddpmi@gmail.com /uddpmilampung@yahoo.com

3. Setelah surat permohonan kerjasama donor darah disampaikan, saatnya untuk mempersiapkan ruangan yang sesuai dengan jumlah pendonor yang akan datang, cukup ventilasi dan pencahayaan, nyaman (tidak dibawah terik matahari) bila memungkinkan untuk ruangan pelaksanaan donor darah tidak naik turun tangga. Usahakan di lantai satu.
Jangan lupa disediakan tempat mencuci lengan bagi pendonor yang akan datang (disediakan sabun antiseptik tentunya)

4. Menyediakan meja untuk registrasi, cek Hb dan golongan darah serta kursi secukupnya.

Pengalaman di kantor saya tahun lalu juga mengadakan acara donor darah masal dalam rangkaian acara Pekan Teknologi Mineral 2017. Saran saya ruangan untuk pendonor dipisah antara yang laki-laki dan perempuan (semacam pembatas hijab gitu) . sediakan juga kursi dan tenda ya apabila yang akan donor banyak jumlahnya. Sebaiknya pendonor ga kecapaian karena berdiri lama saat antri. Setelah darah kita diambil oleh petugas PMI (kurang lebih 350cc untuk satu kali pengambilan darah) kita akan dapat kapsul penambah darah (multivitamin), susu dan telur rebus. Tapi apabila kantor atau komunitas kamu mau menambah snack untuk para pendonor boleh saja ya.

Untuk surat permohonannya gampang kok, setidaknya dalam surat permohonan donor darah masal berisi instansi/komunitas kamu, hari dan tanggal pelaksanaan, waktu  pengambilan darah, jumlah estimasi pendonor dan yang paling penting adalah nomor kontak person yang bisa dihubungi.

Berikut alamat Unit Transfusi darah Provinsi Lampung:
Jalan Dr. Samratulangi No. 105, Penengahan, Bandar Lampung Telp. 0721-703020. Lokasinya gak jauh kok dari Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Muluk. Atau di belakang Rumah Sakit DKT Bandar Lampung.

Segala urusan mengenai prosedur donor darah sukarela secara berkelompok (mobil Unit ) PMI ini gratis ya. Tidak dipungut biaya berapapun. Jadi kalo kamu menemukan praktek pungutan liar disitu silahkan saja lapor ke Kantor Ombudsman Provinsi Lampung.

Baiklah, itulah tadi prosedur donor darah sukarela secara berkelompok (Mobil Unit) cukup gampang dan ga ribet. Saatnya peduiu saatnya berbagi. Setetes darahmu selamatkan sejuta jiwa.

Sumber:
- Brosur PMI Provinsi Lampung

Bagikan

Jangan lewatkan

KOMUNITAS ATAU INSTANSIMU MAU MENGADAKAN DONOR DARAH MASAL? CATAT: BEGINI PROSEDURNYA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
27 Juni 2018 19.37

wah,, seru juga ya bisa menebar kebaikan dengan donor darah apalagi kalo bersama komunitas.

sampai saat ini saya masih belum berani menghadapi jarum suntik, padahal pengen juga merasakan donor.

semoga manfaatnya terus mengalir.

Reply
avatar
27 Juni 2018 21.11

Makasih Big boss doanya. wah termasuk golongan yang takut jarum suntik ya? aku ada tipsnya agar gak takut jarum suntik. ketika mau didonor merem aja. ga sakit kok. malah bisa menyehatkan jantung. donor darah juga dapat membantu menurunkan berat badan loh.

Reply
avatar
28 Juni 2018 01.56

donor darah adalah kegiatan yang masih saya takutkan.. karena ada 'efek samping'nya.. hehe
pusing ya katanya..

kakve-santi(dot)blogspot.com

Reply

Pengalaman Menggunakan IM-POWER Pada Sepeda Motor

Pengalaman menggunakan IM POWER  pada sepeda motor Suatu ketika teman saya menawarkan produk berupa booster untuk motor dan mobil, s...