Minggu, 14 Oktober 2018

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli? Begini Cara mengecek Keaslian Sertifikat Tanah

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli?
Begini cara cek keaslian SHM

Yakin sertifikat tanah kamu Asli? Pertanyaan-pertanyaan ini sering muncul saat orang mau membeli tanah atau rumah yang diiklankan di media cetak ataupun melalui media online. Memang sih masih banyak kasus sertifikat Ganda di negeri ini atau ada sertifikat yang Palsu. Hal ini terjadi Jugadi Provinsi Lampung.  Berikut dijelaskan cara mengecek keaslian sertifikat tanah.

Sebulan lalu saya mengiklankan tanah yang di kota Bandar Lampung untuk dijual. Ada salah satu calon pembeli yang menanyakan tanah yang saya iklankan di media social. Yang bersangkutan menanyakan lokasi, pemilik tanah keberapa, sudah SHM belum. Setelah saya jelaskan pembeli tersebut berminat untuk membeli tanah yang saya tawarkan. Namun dia khawatir apakah tanah yang saya miliki tersebut bermasalah atau tidak. Di daerah tersebut kebetulan ada tanah yang bermasalah. Ada sertifikat ganda. Nah loh? Kok bisa ya? Diantara sertifikat ganda tersebut mana yang asli?

Begini Cara Mengecek Keaslian Sertikat Tanah

Cara mengecek keaslian sertifikat tanah kita enggak sulit kok, datang saja ke kantor ATR/BPN terdekat dimana lokasi tanah kamu berada. Berikut syarat yang harus dibawa saat ingin mengecek keaslian sertifikat tanah di kantor ATR BPN ditempat kamu berada.
  1.  Fotokopi KTP pemohon
  2.  Fotokopi KTP notaris atau Camat
  3. Fotokopi Sertifikat
  4. Sertifikat Asli
  5. Surat pengantar dari notaris /camat

Nah kemarin itu saya dan pembeli sepakat untuk mengurus jual beli di Notaris, sehingga pengurusan pengecekan sertifikat dilakukan oleh notaris yang kami percayai. Dan alhamdulilah sertifikat tersebut asli. Bentuk notifikasi sertifikat yang telah di cek keasliannya di stempel kalimat berikut “ TELAH DIPERIKSA DAN SESUAI DENGAN DAFTAR DIKANTOR PERTANAHAN TANGGAL…..”  jadi kondisi tanah telah sesuai dengan data yang ada di badan Pertanahan setempat.
Kalo enggak asli gimana? Menurut informasi yang saya terima sertifikat tersebut akan di tahan dan si pemilik akan dipanggil untuk dilakukan investigasi lebih lanjut

Alamat Kantor ATR/BPN Bandar Lampung

Untuk wilayah Kota Bandar Lampung, pengecekan keaslian sertifikat SHM Tanah dapat dilhat di kantor berikut:

Alamat kantor ATR/BPN Bandar Lampung
Jl. Dokter Warsit, No. 5, Sumur Putri, Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung 35215
Telp (0721) 486217
Lokasi kantornya ada di sebrang BPJS ketenagakerjaan Kota bandar lampung.

Langkah Jual Beli Tanah/Rumah yang aman

Berikut saya bagi tata cara yang aman dalam jual beli tanah agar tidak tertipu:

-      Cek lokasi tanah atau rumah.
Yang pertama dilakukan tentunya mengecek lokasi tanah atau rumahnya dong, lihat jalannya apakah bisa di lewati kendaraan roda empat atau tidak. Karena kedepannya pasti km pengen punya mobil kan? Tanya juga tetangga samping tanah yang akan dijual tersebut. Apakah tanah tersebut bermasalah atau tidak, bila perlu datang ke ketua RT setempat, biasanya ketua RT lebih paham dengan kondisi tanah atau rumah tersebut.

-      Cek keaslian sertifikat
Setelah kamu suka dan ingin beli tanah tersebut sebaiknya cek keaslian sertifikat tanah di ATR/BPN setempat ya guys. Oh ya pastikan dulu kalian deal harganya sehingga ketika sertifikat asli langusng bisa lanjut ke proses selanjutnya. Kalo saya sih mempercayakan pengurusan hal jual beli tanah ini melalui notaris/PPAT.

-       Bayar DP
Apabila harga sudah deal dan sertifikat sudah benar-benar asli sesuai dengan yang tercatat di kantor ATR/BPN setempat. Kamu bisa meminta DP sebagai tanda jadi bahwa memang si pembeli berniat membeli tanah kamu.

-       Bayar Pajak Penjual dan Pembeli
Sebelum dilakukan penandatanganan akta jual beli kita harus bayar pajak terlebih dahulu. Istilahnya pajak pembeli dan pajak penjual. Untuk pajak penjual biasanya 2,5% dari harga jual beli tanah tersebut. Sedangkan pajak pembeli dihitng dari harga deal jual beli dikurangi dengan 60jt dikali dengan 2,5% .

-       Penandatanganan Akta Jual beli
Ini yang penting. Akta jual beli akan dibuatkan oleh notaris. Ajak istri dan saksi untuk meperlancar akta ini. Biasanya akta pelunasan dilakukan saat akta jual beli ini. Atau sesuai dengan kesepakatan. Saat itu pembeli tanah saya lebih suka membayar dengan cash yang sebetulnya merepotkan saya. Ngitung uang segitu banyak…

-       Sertifikat balik nama
Setelah AJB selesai maka sertifikat akan di proses balik nama, dari penjual ke pembeli. Biasanya proses ini membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan.

Oke. Itu tadi sedikit cerita pengalaman saya dalam hal jual beli tanah. Saya berprinsip bahwa dalam jual beli yang penting lapang dalam menjual dan lapang dalam membeli. Semoga bermanfaat

Bagikan

Jangan lewatkan

Yakin Sertifikat Tanah Kamu Asli? Begini Cara mengecek Keaslian Sertifikat Tanah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

15 komentar

Tulis komentar
avatar
18 Oktober 2018 22.33

Wah, sangat bermanfaat sekali ilmunya om. Makasih udah sharing. Punyaku belum jadi malah sertifikat tanahnya. Haha. Biarlah, masih Ada yang diurusin tempo hari

Reply
avatar
19 Oktober 2018 19.40

Sangat bermanfaat ini informasinya Om, bakal ngecek juga nih sertifikat tanah yang ada di rumah apakah asli atau tidak

Reply
avatar
19 Oktober 2018 20.26

Pelan pelan ya mbak. Btw ada program ptsl tuh dari atr bpn. Ada standnya di lampung fair. Sempatin urus sertifikat mbak .biar tenang

Reply
avatar
19 Oktober 2018 20.27

Iyes perlu dicek mbak. Juga histori tanahnya dulu. Mudah mudahan asli dan bisa dipertanggungjawabkan

Reply
avatar
20 Oktober 2018 21.02

Wah ini nih info yang aku butuh. Soalnya banyak sertifikat tanah yang tidak valid. Jadi bisa lebih aman kalau sudah tahu cara cek keaslianya saat mau beli tanah

Reply
avatar
20 Oktober 2018 21.26

Yes. Hati hati mbak kalo mau beli tanah. Cek kebenarannya dulu. Banyak sertifikat ganda. Teliti dulu sebelum membeli.

Reply
avatar
20 Oktober 2018 22.48

Rumit juga ya Bang.. tapi mau gimana lagi, itu hal yg kudu diurus 😕 makasih infonya Bang, persiapan kalo nanti mau beli tanah *eh aamiiin 😁

Reply
avatar
21 Oktober 2018 02.49

Info yg kayak2 gini nih saya suka. Nanti kalau aku beli tanah harus teliti seperti ini.
Terimakasih infonya om

Reply
avatar
21 Oktober 2018 05.17

Sangat-sangat berguna nih informasinya.
Ternyata untuk jual beli tanah prosesnya harus sedetail itu ya, maklum kalau di desa tidak sampai seperti itu.

Tapi suara keseluruhan ini sangat berguna untuk mengantisipasi ketika kita akan membeli tanah Terima kasih Om mumuth informasinya sangat sangat berguna bagi saya yang masih awam terkait dengan jual beli tanah.

Reply
avatar
21 Oktober 2018 07.23

Amin. Semoga segera terujud ya beli tanahnya. Jangan lupa cek and ricek keaslian sertifikatnya...

Reply
avatar
21 Oktober 2018 07.25

Iyes sama sama mbak. Semoga segera terealisasi beli tanahnya...jangan lupa selalu cek and ricek agar enggak ketipu saat beli tanahnya

Reply
avatar
21 Oktober 2018 07.27

Kalo di desa masih pake c1 ya kang. Karena program pemwrintah yang 10ribu sertifikat tanah belum sampai kesitu

Reply
avatar
21 Oktober 2018 19.43

Wah, bahaya juga kalau sampai sertifikat ganda, kok bisa, ya?

Reply
avatar
21 Oktober 2018 19.52

Bisa umi. Banyak kasus kok. Mungkin jaman dulunya masih asal asalan.

Reply
avatar
21 Oktober 2018 23.00

terimakasih bang slumut, suaminya mbak linda hehee sangat bermanfaat sekali infonyaaa.. :)

Reply

Pengalaman Menggunakan IM-POWER Pada Sepeda Motor

Pengalaman menggunakan IM POWER  pada sepeda motor Suatu ketika teman saya menawarkan produk berupa booster untuk motor dan mobil, s...