Senin, 27 November 2017

MENGENAL MUSEUM MANUSIA PURBA SANGIRAN

Hari ini saya berkunjung ke acara pameran museum manusia purba sangiran di Pelataran Mall Boemi Kedaton, Bandar Lampung. Kota tapis berseri ini merupakan kota terakhir pameran 5 kota di Sumatra " Museum Manusia Purba Sangiran - The Homeland of Java Man" yang sebelumnya diadakan di Pulau Sumatra Bagian Atas yaitu Medan dilanjut ke Pekan Baru, Jambi dan Palembang. Di Bandar Lampung sendiri dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 26 November 2017. 
Pameran 5 Kota, Di Sumatra,
 Homeland of Java Man
Situs Sangiran merupakan situs warisan dunia yang pertama kali ditemukan oleh Louis Jean Chretien Van Es, seorang Geolog Belanda yang bekerja pada jawatan Geologi Hindia Belanda di Bandung pada kurun waktu 1936 s.d 1941 [Bahkan di saat Indonesia belum merdeka]. Situs Sangiran diakui sebagai situs manusia purba dan memiliki nilai penting bagi ilmu pengetahuan. Pengakuan ini dilakukan oleh UNESCO pada tahun 1996 sebagai Situs Warisan Budaya.

Pengakuan UNESCO, Situs Manusia Purba Sangiran
menjadi cagar budaya dunia
untuk menjaga nilai-nilai penting situs sangiran  tersebut maka pada tahun 2007 Pemerintah Indonesia membentuk Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran [BPSMP Sangiran] yang memiliki tupoksi yaitu meliputi pengamanan, penyelamatan, penertiban, perawatan, pengawetan, penataan lahan, survey, ekskavasi, analisis, penyajian, bimbingan edukasi, kerjasama, pemberdayaan masyarakat, dokumentasi dan ketatausahaan. 

Koleksi apa aja yang ada di Situs Sangiran dipamerkan dalam event ini. Saya beruntung banget bisa melihat langsung fosil-fosil temuan ini tanpa harus ke Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran dan saya sempet Foto-foto, mulai dari tengkorak homo erectus sampai alat alat yang digunakan untuk kehidupan pada jaman itu. 









Buat saya, ini ilmu baru, dan salutnya adalah BPMP Sangiran menyebarkan info ini kepada masyarakat melalui pameran di Mall-mall tanpa harus datang kesana.


Bagikan

Jangan lewatkan

MENGENAL MUSEUM MANUSIA PURBA SANGIRAN
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
29 November 2017 03.13

Wah beruntung banget bandarlampung kebagian jatah diampirin. jadi gak perlu jauh-jauh ke solo. Nice info pak.

Reply
avatar
29 November 2017 09.15

Iya Mbak. Kebetulan pas ke MBK, sekalian aja liat liat. Nambah ilmu

Reply

Alasan Kamu Harus Bergabung di Pendirian 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung

Alasan Kamu Harus Bergabung di 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung Desain by. canva Saya teringat cerita istri kala itu pada saat kami...