Sabtu, 16 Desember 2017

Meriahnya Workshop Blogging Bersama Tapis Blogger

Tapis Blogger Gathering
Kali kedua saya mengikuti acara yang diadakan oleh Tapis Blogger, komunitas berkumpulnya orang-orang yang hobi nulis dan ngeblog.  yang saya ikuti pertama adalah  tanggal 19 November 2017 tentang Sosialisasi 4 Pilar Bersama MPR RI yang langsung dihadiri oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Nah sebagai anggota newbi Tapis Blogger, tentuanya wajib bagi saya untuk mengikuti acara yang penuh dengan Ilmu ini. rugi rasanya jika saya absen dari acara yang sudah direncanakan jauh hari ini, makanya tanggal 17 Desember ini saya sengaja mengosongkan agenda untuk reservasi acara yang dibawakan oleh founder Tapis Blogger yaitu Naqiyah Syam, Heni Puspita dan Mas Agustinus Leantoro.

Materi Workshop 

Tema Tapis Blogger Gathering kali ini adalah menjadikan ngeblog sebagai hobi, profesi dan ruang berbagi. berikut materi yang disampaikan oleh narasumber, yang semuanya adalah member dari Tapis Blogger.

Naqiyah Syam : Merawat Blog Hingga meghasilkan Uang

Mbak Naqi, sapaan akrab beliau,  menceritakan kepada kami sejarah berdirinya Tapis Blogger. yang awalnya berasal dari kumpulan emak-emak kece yang memang profesinya sebagai penulis, yang selanjutnya membuming dan akhirnya berdirilah komunitas Tapis Blogger ini. dan setahu saya ini satu-satunya loh komunitas blogger yang ada di Lampung. mulailah serius dengan blog. selain berbagi pengalaman dengan pembaca, ngeblog bisa loh mendatangkan pundi-pundi penghasilan? yaitu dari review produk atau iklan iklan yang telah di daftarkan di google adsense. selain itu Mbak Naqi memberikan tips dan trik agar blog kita jadi baik diantaranya adalah:
- Desain blog harus bersih (70% putih)
- No Musik. ini bikin berat kalo dibuka. kalo berat efeknya orang males baca
- No iklan yang tayang. ini mengganggu banget
- cari latar belakang yang ringan. 



Heni Puspitasari: Membuat Tampilan Blog agar lebih menarik

Berbeda dengan Mbak Naqi, Mbak Heni Puspita membagikan ilmunya mengenai bagaimana caranya tampilan blog kita menarik perhatian orang dan dilirik oleh brand produk ternama. tutorial yang diberikan sebagai berikut:
- Buat blog baru khusus otak-atik desain blog
- Membuat Header blogspot dengan canva
- Mengubah bacground blog
- Mengubah font
- Menambahkan profil di sidebar
- Membuat menu horizontal di bawah header
- Mengubah tulisan "read more" menjadi tombol/button
- Menambahkan button untuk back to top
- Mengganti icobn blog
- Menambahkan icon medsos

Banyak banget  tutorilanya, mantap. tapi bisa ga ya selesai saat ini juga. untungnya Mbak Heni Puspita dengan baik hati memberikan link hand out yang bisa di download, kalo hari ini ga seleeai bisa disimpan dan dilanjutkan nanti.



Agustinus Leantoro: SEO dan SEM hal yang tak kalah penting dalam dunia blogging

Nah selain pengenalan bloging dan bagaimana cara membuat tampilan blog kita menjadi lebih cetar. nah pemateri yang satu ini sama pentingnya jika kita ingin exis di dunia ngeblog yaitu SEO dan SEM. karena SEO ini gratis maka tadi lebih banyak diinformasikan bagaimana tulisan kita ada di search page one. tipsnya adalah sebagai berikut:
- Original artikel
- Rewrite artikel 
- Jangan Gonta-ganti template



Banana Foster Lampung, Els Coffe dan ACT Lampung ikut mensukseskan acara Tapis Blogger Gathering

Acara ini disponsori oleh Banana Foster Lampung, Els Coffe dan ACT Lampung. Banana Foster Lampung memberikan kue hitsnya kepada peserta dan pemateri. kui keninian milik artis Hengki Kurniawan ini menjadi obyek lomba juga loh yang harus di posting oleh peserta di instagramnya masing-masing, caption yang terbaik akan dipilih panitia untuk menjadi pemenangnya.  selain itu Els Coffe juga ikut berperan dalam menyemarakkan acara yang dihadiri kurang lebih 30an peserta dari lampung. Produk kopi asli lampung ini dijadikan hadiah untuk para peserta yang beruntung. selain kedua produk tadi. acara yang digelar seharian ini disponsori oleh Aksi Cepat Tanggap Cabang Lampung. tak tanggung-tanggung ACT membawa founder di acara ini, sharing ke para peserta pengalaman menjadi relawan di suriah dan mesir. 



dalam sesi workshp peserta diminta menuliskan kegiatan hari ini. on the spot. peserta praktek langsung di tempat didampingi oleh para pemateri. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Meriahnya Workshop Blogging Bersama Tapis Blogger
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
17 Desember 2017 16.12

Lumayan sekali ya, Pak dapat ilmu banyak dan sangat bermanfaat. Semoga setelahnya bisa kita terapkan satu persatu.

Tapi yang SEO SEO itu agak susah dan ribet kayaknya heheh

Reply
avatar
18 Desember 2017 00.13

Informatif, lengkap nih catatannya. Keren euy, semoga ilmu Tapis Blogger Gathering bermanfaat ya

Reply

Alasan Kamu Harus Bergabung di Pendirian 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung

Alasan Kamu Harus Bergabung di 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung Desain by. canva Saya teringat cerita istri kala itu pada saat kami...