Rabu, 10 Januari 2018

Ke Jogja Jangan Lupa Mampir Ke Istana Ratu Boko, Nikmati Keindahan Komplek Candi Di Atas Bukit

Anak gadis sedang berfoto dengan latar
belakang Gapura utama Istana Ratu Boko.,
 pemilik foto : mbak yepi

Kemarin saya sudah bercerita tentang Candi Prambanan ya. kali ini saya akan berbagi info mengenai Candi atau Istana Ratu Boko. Nontonkah kawan Film sequel ke-2 Ada Apa Dengan Cinta? masih ingatkan perjalanan tak terduga dan pertemuan antara Cinta dan Rangga? tempatnya yang eksotik dan mengundang hasrat untuk kesana? nah tempat itu adalah Istana Ratu Boko, tempat ini cukup bersejarah dan dibangun pada abad ke-8. selama hampir 25 tahun saya di Jogja, baru kemarin ini beneran menyempatkan diri khusus ke tempat yang pernah dijadikan bahan disertasi oleh mahasiswa S3 di perguruan tinggi negeri ini. 

Lokasi Istana Ratu Boko

Lokasi Candi yang diungkap pada tahun 1790 ini tidak jauh dari Candi Prambanan kok, yaitu  di Jalan Raya Prambanan - Piyungan Km 2, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Indonesia. 
ada plang sebelah kiri. silahkan ikuti saja plang tersebut. lokasinya di dataran tinggi. 

Rute Menuju Istana Ratu Boko

Menuju Istana Ratu Boko tidaklah sulit, dari Candi Prambanan bisa naik taksi online dengan biaya kurang lebih 30ribuan. dari arah kota Jogja, kawan berjalan ke arah timur menuju jalan Solo, sampai ketemu dengan pertigaan Prambanan. nah dari situ kurang lebih 2 kilometer. senelah kiri ada Plang petunjuk jalan. ikuti saja. Insyallah pasti ketemu. 


Biaya Tiket Masuk dan Jam Operasional Istana Ratu Boko

Biaya tiket masuk ratu boko tidaklah mahal. cukup membayar Rp. 40.000,- saja sudah bisa menikmati eksotisnya Jaman Rakai Penangkaran. oh ya pengelolaan Istana Ratu Boko, Candi Prambanan dan Candi Borobudur ini ditangani oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko. sehingga disini ditawarkan untuk menikmati ketiga candi tersebut dalam satu paket.
Jam Operasional: 06.00 - 17.30 WIB


Tiketnya sudah modern

Menikmati setiap Sudut Peninggalan Istana Ratu Boko

Sesampainya di Lokasi ini kami disambut dengan banyaknya burung merpati yang sedang asyik makan biji jagung yang disebar oleh petugas. wah asyik ya..langsung saja beberapa kawan langsung membeli biji jangung seharga Rp.5000,- dan melemparkan biji jagungnya ke segerombolan burung merpati. serasa di eropa gitu...hahaha..


Bercengkrama dengan burung merpati sebelum
memasuki kawasan Istana Ratu Boko

1. Gapura Utama

Gapura utama terdari dari tiga buah gapura yaitu gapura tengah dan 2 gapura apit. ukuran gapura tengah lebih besar dari kedua gapura apit. tempat ini sering dijadikan lokasi favorit untuk foto-foto tidak terkecuali saya. mengambil action duluan.Gapura utama berfungsi sebagai pintu masuk situs Ratu Boko sekaligus sebagai penghubung halaman teras pertama dan kedua.


Gerbang Utama

2. Candi Pembakaran
Situs ini berbentuk bujur sangkar dan berteras dua. dinding candi diperkuat dengan lapisan batu andesit. bagian tengahnya terdapat perigi (sumuran). sumuran ini cukup dalam loh. diduga tempat ini digunakan untuk ritual upacara keagamaan, membakar sesajen.


Candi Pembakaran

3. Paseban

Paseban ini digunakan untuk menghadap Raja. diareal ini terdapat dua paseban (batur) batur yang satu berukuran lebih besar dari batur yang lain. paseban ini diperkirakan merupakan suatu bangunan dengan kontruksi kayu, yang dibuktikan dengan adanya temuan umpak-umpak batu yang berfungsi sebagai penyangga tiang yang terbuat dari kayu.


Paseban. Tempat menghadap sang Raja

4. Pendopo

Pendopo ini memiliki luar 14,000 meter persegi terdiri dari pagar pendapa dan dua buah batur. satu batur disebelah utara dan satu batu disebelah selatan. bangunan ini diperkirakan sebagai tempat tinggal.


Pintu memasuki pendopo

5. Goa Lanang dan Gowa Wadon

Goa ini terletak disebelah utara pendopo. dinamakan goa wadon karena terdapat sebuah relief yang berbentuk alat genital wanita (wadon) dengan simbol yoni. sedangkan goa lanang disimbolkan dengan lingga yang dianggap sebagai perwakilan Siwa dalam ajaran hindu. Kesatuan antara Yoni dan Lingga ini dianggap membawa kesuburan dan kesejahteraan. fungsi dari goa ini adalah sebagai tempat untuk meditasi

Tempat Wisata di dekat Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko ini baru sebagian loh, masih ada banyak wisata purbakala disekitar sini. saya sarankan untuk spent waktu seharian malang melintang di daerah jogja timur ini. diantara yang bisa anda kunjungi adalah sebabagai berikut:
- Candi Ijo
- Candi Palosan
- Candi kalasan
- Candi Bubrah

Tips Berkunjung Di Istana Ratu Boko

Berikut tips ketika berkunjung ke area Istana Ratu Boko. yang pertama dan utama adalah kamera, ntah itu kamera Hp ataupun kamera DSLR. pengalaman kalo kamera HP kadang tidak bisa menampakkan gambar yang diinginkan, terkadang sinar matahri terlalu berlebihan, jadinya silau dan kurang eksotik. jangan lupa powerbanknya ya...nyesel nanti kalo mau moto2 eh lowbat.gunakan topi ya frend, disana panas banget. gunakan juga sunblock biar kulitmu tetap terjaga dan sehat. hehe



Bagikan

Jangan lewatkan

Ke Jogja Jangan Lupa Mampir Ke Istana Ratu Boko, Nikmati Keindahan Komplek Candi Di Atas Bukit
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

16 komentar

Tulis komentar
avatar
10 Januari 2018 21.36

Kemarin saya beli biji jagung nya seharga Rp.2000,- kok pak slamet 😆😆😆

Reply
avatar
10 Januari 2018 21.37 Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
10 Januari 2018 21.44

Oh iya ya. Malah lebih murah berarti. Tau gitu beli yang banyak ya. Untuk bagi bagi. Sayangnya ga dapat gambar pas burung merpatinya terbang terbang.

Reply
avatar
10 Januari 2018 22.01

Iya bagus banget ya mbak. Pemandangan alamnya bikin betah. Spot spotnya instagramable banget. Apalagi kalo kesana pas waktu sore. Bisa menikmati sunset.

Reply
avatar
12 Januari 2018 07.06

Lengkap banget nih infonya, jadi pengen ke Jogja lagi,, terakhir ke Jogja 2015, itu pun ga bisa kemana mana, pas istri sedang mabok (hehehe). Baca artikel mas Slamet yang sangat mendetail jadi pengen nyobain ke istana ratu Boko, harus nabung dan diniatkan ini mah...

Reply
avatar
12 Januari 2018 07.39

Waktu ke Jogja ngga sempat ke sini karena buru2 menuju Magelang.baca tulisan ini jadi punya alasan balik ngiterin Jogja dan sekitarnya lagi nih.kayaknya seru dan menarik

Reply
avatar
12 Januari 2018 14.14

Wah siap-siap power bank itu ya apalagi perjalanan agak jauh hehe...sedih juga udah ke tempat bagus tapi abis batre hp hahhaa... thanks ya tipsnya, pengen bisa ke Jogya lagi deh

Reply
avatar
12 Januari 2018 19.32

Ayo mbak mampir ke istana ratu boko kalo mampir, bisa ambil paketan juga kok. Ga cuman disini tapi bisa explore di candi prambanan dan candi plaosan. Kalo ambil paket bayarnya lebih murah.

Reply
avatar
12 Januari 2018 19.35

Makasih udah berkunjung. Mengekplore kota jogja ga bakal cukup kalo cuman sehari kang. Banyak tempat baru sekarang. Iya betul. Harus nabung. Dan cari tiket yang murah..

Reply
avatar
12 Januari 2018 19.37

Power bank itu ternyata wajib loh mbak. Apalagi kalo batu di hp udah ngap ngap. Secara camera adalah kebutuhan utama bagi yang suka jalan jalan

Reply
avatar
13 Januari 2018 03.51

Pembakaran itu kirain untuk membakar jenazah loh mas, ternyata bakar kemenyan ya. Huahhh gede juga. Eits suka banget sama tipsnyaa, butuh kamera memang, syg tempat udah baguss kece gak di dokumentasikan. Oh ya, betulll batre
dan powerbank harus siap sedia! Hihihi

Reply
avatar
13 Januari 2018 06.34

Belum pernah ke Jogja :(
Jadi pengen berkunjung je Jogja dan menikmati keindahan alamnya. Dan bener banget nih saya perlu menyiapkan power bank biar tidak kecewa saat ingin mengabadikan panorama alamnya. Soalnya ponsel saya mudah lowbat :)

Reply
avatar
15 Januari 2018 00.12

Ah, fotonya bagus-bagus, apalagi yang view-nya ada pantulan airnya. Ulasannya juga lengkap banget mas. Kapan-kapan mampir kesana jika ada kesempatan.

Reply
avatar
15 Januari 2018 17.07

Suka irii sama wisatawan yang ke jogjanya sekali sekali tapi bisa ngunjungin banyak tempat.. Heheheh.. Etapi slumuth family asli jogja jg ya.. Semoga next pulkam bisa eksplor lebih banyak lagi.. Hoho

Reply
avatar
13 Juni 2018 04.07

Mbak kalau dari ratu boko jam 6 sore apakah banyak taksi online yg bisa di sewa untuk perjalanan pulang? Atau ada transportasi alternatif lain?

Reply

Alasan Kamu Harus Bergabung di Pendirian 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung

Alasan Kamu Harus Bergabung di 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung Desain by. canva Saya teringat cerita istri kala itu pada saat kami...