Senin, 15 Januari 2018

Wow Serunya Wisata Lava Tour Merapi, Mengingatkan Kita Akan Kuasa Ilahi Yang Tidak Kenal Waktu



Kali ini saya akan bercerita pengalaman berwisata di bagian utara kota Yogyakarta, setelah pagi sampai siang menikmati wisata sejarah Candi di Candi Istana ratu Boko dan Candi Prambanan. Candi-candi yang saya kunjungi membawa makna khusus bahwa sejarah itu memang ada, dan kita sebagai insan selayaknya mengetahuinya. Jas merah, Jangan Lupakan Sejarah, itulah pesan presiden pertama kita Bapak Soekarno.
berbeda dengan wisata candi, disini saya melihat kondisi pasca erupsi Gunung Merapi  tahun 2010 silam dengan menggunakan jeep istilahnya lava tour merapi. untuk menuju lava tour merapi ini kami menggunakan bis karena memang rombongan dari kota Jogjakarta. 

Rute Menuju Lava Tour Merapi

Untuk bisa menuju Basecamp Lava Tour Merapi ini cukup gampang kok. kalo dari kota jogjakarta dan membawa mobil sendiri silahkan menuju ke arah Kali Adem atau Kali urang. nah setelah melewati TPR temen-teman tinggal milih mau pake club jeep yang mana. selain itu sudah banyak jasa antar jemput untuk menuju basecamp. dengan biaya yang bisa dibagi bersama-sama. 

mobil Xenia/Avanza/MPV maks 7 Orang : Rp. 400.000,-
Heice maks 15 Orang : Rp. 12.00.000,-
Hubungi saja Progo trans dengan nomor kontak 0822-2332-2622 apabila ingin menggunakan jasa antar jemput.

Club Jeep Yang Menyediakan Paket Lava Tour Merapi

Berikut club-club Lava tour merapi yang dapat dijadikan pedoman apabila kawan-kawan ingin menikmati paket-paket yang diinginkan.
1. Yoes Adventure, CP. 0819-0379-0209
2. Borobudur Sunrise Tour, CP. 0811-2640-967
3. Javabali Trans Wisata, CP. 0815-6868-141
4. Lava Tour Merapi CP. 0811-258-168
5. Jameela Tour, CP. 0815-7878-1230

Biaya Paket Lava Tour Merapi

Menikmati bekas tragedi gunung merapi pada Tahun 2010 lalu ini bisa dilakukan rombongan kok. banyak paketan yang di tawarkan oleh para jeep club di sepanjang jalan dari TPR Kaliadem. teman-teman tinggal memilih. nah kemarin itu saya dan rombongan menggunakan Banteng Club. Paket yang tersedia ada 3 yaitu short, medium dan long.

Paket Short 
- Biaya Rp. 350.000,-/trip
- Waktu Tempuh : Kurang lebih 1-1,5  Jam
- Maksimal : 4 Orang/Jeep
- Jam Operasional : 06.00 - 16.00 WIB
- Rute yang dilewati adalah : Basecamp - Tugu Ambruk Kedai Kopi Merapi - Gumuk Ball- Desa wisata Petung - Museum Sisa Hartaku - Wajah  atau batu Alien - Melihat Kali Gendo dari atas - Bungker Kali adem - Basecamp

Paket Medium
- Biaya Rp. 450.000,-/trip
- Waktu tempuh : Kurang lebih 3 Jam
- Maksimal : 4 Orang/jeep
- Jam Operasional : 06.00 - 16.00 WIB
- Rute yang dilewati : Basecamp - Tugu Ambruk Kedai Kopi - Gumuk Ball - Desa Wisata Petung - Museum Sisa Hartaku - Batu Alien - Bungker Kali Adem - Singgah Di Kampung Mbah Maridjan  - Bermain Air di Kali Kuning - Basecamp

Paket Long
- Biaya Rp. 650.000,-/trip
- Waktu tempuh : Kurang lebih 4 Jam
- Maksimal : 4 Orang/jeep
- Jam Operasional : 06.00 - 16.00 WIB
Rute yang dilewati : Basecamp - Tugu Ambruk Kedai Kopi - Gumuk Ball - Desa Wisata Petung - Museum Sisa Hartaku - Batu Alien - Bungker Kali Adem - Menyebrangi Sungai gendol-Singgah Di Kampung Mbah Maridjan - Bermain Air di Kali Kuning - Basecamp


Serunya Menyusuri Bekas Erupsi Merapi dengan Menggunakan Paket Short Time

Waktu itu saya memilih paket yang short time, karena memang kami kesana sudah terlalu sore, jadi kalo ambil paket yang long terlalu kemalaman. tetapi meskipun paket short time, kami tetap puas kok, tetep asyik dan bahagia setelahnya. perjalanan dimulai dari basecamp kurang lebih pukul 16.00 WIB. saya bersama para ibu-ibu nih, ngetreknya harus sedikit pelan dan gak bisa ugal-ugalan. yang pertama di lakukan adalah, Foto-foto. 


Begini Penampakan Jeep yang saya naiki. Keren kan?

Dari basecamp kita udah terbawa suasana seru, sampai lupa foto-foto di Tugu Ambruk Kedai Kopi. Pemberhentian pertama adalah Museum Mini Sisa Hartaku. disini kami melihat dua buah rumah yang masih tersisa beserta barang-barang peninggalan penghuni rumah. di depan rumah ada tulang-tulang sapi yang telah dirangkai menjadi kerangka hewan sapi yang utuh. berdebar hati saya saat itu, begini ya hantaman asap merapi atau  "wedus gembel"  dalam sekejep mata barang-barang yang ada dilewati menjadi leleh. harta benda menjadi tidak bernilai lagi. beginilah gambarannya. harta tak dibawa mati, hanya amal ibadah yang dinanti untuk menghadap Sang Ilahi. harta benda yang telah dikumpulkan bertahun-tahun hilang dalam satu sapuan asap bersuhu 400an derajat celsius. di dalam rumah kami melihat peninggalan yang masih ada seperti televisi yang sudah rusak, tinggal seperempatnya saja, sudah leleh. ada juga barang-barang kebutuhan sehari-hari yang tidak semuanya tersapu wedus gempel.

Halaman Depan Rumah Sisa peninggalan Tragedi Erupsi Merapi.
Harta sekejap mata hilang
Alat-alat rumah tangga dipamerkan disamping rumah penghuni
Dipemberhentian yang ke-2 yaitu Batu Alien, atau batu wajah. kenapa disebut batu alien karena Batu yang ada berpindah, atau alian dalam bahasa jawanya. batu ini memang bergeser ketika ada erupsi merapi kawan. jadi kebayang kan dasyatnya erupsi gunung merapi kala itu? Batu segede gaban aja bisa hanyut apalagi kita? 


Batu Alien. Batu yang pindah gegara
erupsi merapi

Ditempat ini pula kita dapat melihat kali gendol yang dipenuhi dengan pasir dari Gunung Merapi, saat ini dada aktivitas penambangan pasir. di atas kali gendol terdapat banyak spot untuk berfoto ria, seperti yang lagi hits di ketinggian. saya juga ikutan mejeng disini, tak lupa bayar Rp. 10.000,- per  orang ya. 


Photo Credit By: Yayat Iman

Pemberhentian yang terakhir adalah Bungker Kali Adem. Banker kali adem ini awalnya difungsikan sebagai tempat berlindung sementara tatkala ada wedus gembel yang melintas. namun naas ketika Tahun 2006 terjadi peristiwa yang menghantui kita. ada dua relawan terjebak didalam bungker dan meninggal. sejak saat itu bungker kaliadem tidak digunakan. 
Bunker Kali Adem

di banker ini terdapat warung yang menjajakan makanan dan minuman. yang khas disini adalah wedang gedang. apa itu wedang gedang? adalah wedang jahe yang diberi irisan pisang. rasanya enak, hangat di tubuh. minuman ini cocok untuk daerah yang sangat dingin seperti di kaliadem. 

Tips Berwisata Lava Tour Merapi 

Berikut tips agar petualangan erupsi merapi tambah bahagia. tips ini berdasarkan pengalaman saya kemarin pas disana. 
1. Bawa Jas Hujan. pasti rempong kan kalo disuruh bawa jas hujan. jangan kawatir kawan. disana ada yang jual kok jas hujan yang sekali pake itu. hanya 10ribuan saja. jas hujan ini diperlukan kalo situasi disana kalo pas hujan. ga asyik kan abis bahagia petualangan di merapi trus masuk angin gegara keujanan. for your information gunung merapi itu curah hujannya tinggi.
2. Bawa Baju hangat. pake jaket doble biar ga kedinginan. secara di ketinggian kan memang dingin. kecuali kalo udah terbiasa.
3. Bawa Topi. kita naik jeep dengan bak terbuka. so pake topi ya biar keliatan eye catching. haha...melindungi kepala dari hal yang tidak diinginkan. kalaupun ga bawa topi. beli aja di musium Sisa Hartaku. disana dijual topi. dengan harga Rp. 25.000,-
4. Sediakan tolak angin atau minyak angin, digunakan kalo ga terbiasa goyang-goyang di jeep. awas muntah ya.
5. Jangan terlalu sore ke lokasi ini, secara curah hujan tinggi di daerah pegunungan. saran saya sih abis dhuhur atau menjelang siang.

Demikian pengalaman saya mengikuti lava tour merapi. semoga bermanfaat. 









Bagikan

Jangan lewatkan

Wow Serunya Wisata Lava Tour Merapi, Mengingatkan Kita Akan Kuasa Ilahi Yang Tidak Kenal Waktu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

13 komentar

Tulis komentar
avatar
18 Januari 2018 19.31

Lengkap banget nih informasi lava tournya,, boleh di bookmark ya,, siapa tahu suatu saat nanti bisa wisata lava tour merapi..

Reply
avatar
18 Januari 2018 22.02

Wah infonya bikin saya ngga sabaran nunggu liburan lagi nih.karena ketika jalan ke jogja nb dan seputaran Jateng belum sempat ke sini.

Reply
avatar
19 Januari 2018 19.58

Jadi semakin penasaran dengan kota Jogja. ingin segera bosa kesana dan explore ke merapi. Ingin melihat lebih dekat suasana sekitarnya pasca erupsi.

Reply
avatar
21 Januari 2018 07.11

4 x lewat jogja, belum pernah wisata��

Reply
avatar
21 Januari 2018 18.05

Sesekali sempetin waktu Umi Ke Jogja, Bakal Kangen kalo udah ke jogja. selain tempat wisatanya dijogja juga banyak makanan khas. bisa ditenteng bawa pulang buat oleh-oleh

Reply
avatar
21 Januari 2018 18.25

Iya Kang Erman, sapa tahu nanti ada kesempatan berwisata di Kota Jogja. Lava Tour Merapi bisa menjadi destinasi pilihan. jika ke Merapi sekalian belanja salak. jangan lupa bawa untuk aku ya.. hahahaha

Reply
avatar
21 Januari 2018 18.42

Ayo Mbak lela Trisanto nabung mulai sekarang, buat liburan dan jalan jalan ke Jogja. jangan lupa jadwalkan itinerary nya ke sana. selain Wisata Lava Tour di daerah Jogja Utara juga banyak destinasi wisata.

Reply
avatar
21 Januari 2018 18.45

ayo mbak Rika Widiastuti Altair, mumpung masih muda jalan-jalan sambil Menikmati keindahan Ciptaan Tuhan. dengan melihat erupsi pasca ini jadi semakin sadar bahwa bersyukur itu adalah wajib dan berihtar itu harus dilakukan

Reply
avatar
22 Januari 2018 01.15

Heheh mengingatkan ku pada 2 tahun yang lalu, berkunjung juga ke sini.. sewa jeep juga... mantab lah sembari mengenang letusan merapi

Reply
avatar
23 Januari 2018 12.43

Saya dan suami pas kesini pilih sewa motor jengki.. Biar lebih sesuatu.. Hahah.. Itulah pertama kalinya saya naik motor yang knalpotnya berisik amat :D

Reply
avatar
23 Januari 2018 18.59

Sekarang tambah rame banget mas, banyak club jeep yang berdatangan. bahkan import dari daerah lain. lava tour menjadi destinasi favorit kalo berkunjung ke Yogyakarta

Reply
avatar
23 Januari 2018 19.02

Kalo pake motor jengki lebih menantang mbak, selain knalpotnya yang gembreng gembreng, gronjalannya itu bikin isi perut menari-nari. kalo mau muntah bisa berhenti sesuka hati. Mbak Dwi Septiani ini ternyata suka petualangan juga

Reply
avatar
25 Januari 2018 18.18

Seru banget ya jalan ke Gunung Merapi, seperti zaman kuliah bisa naik gunung hahha...sekarang udah emak2 fisik turun dratis hiks....

Reply

Alasan Kamu Harus Bergabung di Pendirian 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung

Alasan Kamu Harus Bergabung di 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung Desain by. canva Saya teringat cerita istri kala itu pada saat kami...