Senin, 05 Februari 2018

Penandatanganan Pakta Integritas Aparat Sipil Negara di Satuan Kerja Balai penelitian Teknologi Mineral, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Penandatangan Pakta Integritas BPTM LIPI, Credit Foto: Yoka Pramadi

Penandatanganan Pakta Integritas Aparat Sipil Negara di Satuan Kerja Balai Penelitian Teknologi Mineral, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia - Pada hari Selasa tanggal 30 Januari 2018 saya menjadi bagian penting dalam pelaksanaan pembangunan Zona integritas di Balai Penelitian Teknologi Mineral Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia pada tahun 2018.
Apa itu Zona Integritas? nah baru denger kan? menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dengan Nomor 52 tahun 2014 tentang  Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi bersih dan Melayani di lingkungan Instansi Pemerintah menyebutkan bahwa Zona Integritas atau disingkat dengan ZI adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi. khususnya dalam hal pencehgahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. 

Bagi kamu yang sering mendapatkan pelayanan dari instansi pemerintah yang bikin kamu kzl, mungkin saja instansi tersebut belum berpredikat WBK atau WBBM. berharap sekali saya jika Instansi di bagian pelayanan publik udah mendapatkan predikat WBk, pasti deh ngurus KK, KTP dan sejenisnya ga bakalan ribet. 

Kebetulan tahun ini saya dijadikan ketua Tim Pembangunan Zona integritas di Satker Balai Penelitian Teknologi Mineral dengan target nilai RB minimal 75 agar bisa diusulkan untuk dinilai oleh Tim RB dari Menpan. dalam sambutannya kepala BPTM LIPI memberikan arahan kepada kami semua selaku ASn di lingkungan BPTM untuk tetap menjaga integritas dari segala tindakan yang tercela, terutama korupsi, gratifikasi dll. 

kami semua sepakat untuk menandatangani Pakta integritas diawal tahun ini, sebuah janji kami bahwa kami akan bekerja menjaga Integritas dan melayanani dengan sepenuh hati. isi Pakta integritas di BPTM LIPI kurang lebih sebagai berikut:

  
Dengan berlandaskan Janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Kode Etik Pegawai, pada hari Selasa tanggal Tiga Puluh bulan Januari tahun dua ribu delapan belas, saya yang bertanda tangan dibawah ini menyatakan bahwa:

Dalam melaksanakan tugas pelayanan, tidak akan meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlalu.

2. Dalam mendukung pelaksanaan tugas sebagaimana pada poin satu, saya tidak akan memberikan atau menawarkan suap dan/atau gratifikasi yang terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak lain.
     
     Bersikap transparan, jujur, obyektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas.
4.
      Akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas di Balai Penelitian Teknologi Mineral serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya

    Tidak akan menyalahgunakan jabatan dan/atau kewenangan yang dimiliki untuk menekan pihak lain agar melakukan hal-hal yang bertentangan dengan peraturan yang berlaku demi kepentingan perorangan

   Bersedia dikenakan sanksi hukuman disiplin berdasarkan peraturan pemerintah tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil, sanksi moral sesuai kode etik pegawai dan/atau tuntutan ganti rugi/pidana bersadarkan ketentuan yang berlaku, apabila terbukti melakukan pelanggaran terhadap ketentuan tersebut diatas.

Demikian PAKTA INTEGRITAS ini dibuat untuk dilaksanakan dan ditaati.

     Doain ya, semoga cita-cita kami di tahun 2018 ini tercapai. setidaknya kami bisa melayani di masyarakat dengan baik.
s




Bagikan

Jangan lewatkan

Penandatanganan Pakta Integritas Aparat Sipil Negara di Satuan Kerja Balai penelitian Teknologi Mineral, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Alasan Kamu Harus Bergabung di Pendirian 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung

Alasan Kamu Harus Bergabung di 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung Desain by. canva Saya teringat cerita istri kala itu pada saat kami...