Kamis, 08 Februari 2018

Saatnya ASN Harus Berubah: Sosialisasi dan Bimtek Pembangunan Zona Integritas Di BPTM LIPI

Sosialisai dan Bimtek Pembangunan Zona Integritas di BPTM LIPI

Di era zaman now ini seorang Aparatur Sipil Negara di tuntut bekerja sesuai dengan semangat reformasi birokrasi yang telah di canangkan oleh kementrian aparatur sipil negara dan Reformasi Birokrasi pada tahun 2010 tentang Grand design Reformasi Birokrasi di negara kita. Malu lah ya sebagai PNS kerjanya asal-asalan, asal masuk kerja, pulang seenaknya saja dan tidak memiliki kinerja. Di beberapa instansti tertentu kejadian tadi sudah jarang dilihat, mereka sudah mengubah mindset sebagai seorang PNS yang bekerja secara halal, bernilai ibadah. 


Nah kemarin di tempat kantor saya,  diadakan sosialiasasi dan bimtek pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). zona integritas ini adalah bagian dari rumah besarnya yaitu Reformasi Birokrasi. Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh Civitas Balai Penelitian Teknologi MIneral Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BPTM LIPI). kegiatan dilaksanakan di ruang rapat gedung A yang berlokasi di Jalan Ir Sutami Km 15, Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Pemateri kali ini didatangkan langsung dari Satuan Kerja di LIPI yang telah mendapatkan predikat WBK dari kemenpan RB tahun lalu yaitu Ibu Rr. Widhya Yusi Samirahayu atau yang biasa dipanggil dengan Bu Uchie [Satker Telimek LIPI] 

Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini adalah secara sederhana semua civitas BPTM LIPI mengerti dan paham apa itu reformasi birokrasi dan mengingatkan juga kepada semua PNS agar memiliki budaya kerja yang sesuai dengan reformasi birokrasi. secara khusus tim ZI juga digembleng agar tahun 2018 ini memiliki nilai yang layak untuk diajukan menjadi satker yang berpredikat WBK. apa itu ZI dan bagaimana yang seharusnya dilakukan Yuks simak artikel berikut:

Apa Itu ZONA INTEGRITAS?

Zona integritas adalah predikat yang diberikat kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBL/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalah hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas layanan publik. secara garis besar sih sebetulnya pembangunan Zona integritas ini mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme yang akhir akhir ini meraja lela di pemerintahan kita. sebut saja beberapa kepala daerah yang terciduk terbukti sedang menerima suap. 

Sasaran Reformasi Birokrasi 

sejak di kumandangkan oleh kemenpan RB sejak Tahun 2010. sasaran Reformasi Birokrasi telah mengalami dua kali perubahan. berikut sasaran Reformasi Birokrasi dalam kurun waktu Tahun 2015 - 2019.
- Birokrasi Yang Bersih dan Akuntabel
- Birokrasi yang efektif dan efisien
- Birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas

Kerangka Logis Evaluasi Zona Integritas. 

Pembangunan Zona Integritas ini memiliki dua tahapan yaitu proses sekitar 60% dan Hasil 40%. Gambar berikut dapat menjelaskan teman-teman sekalian dalam memahami kerangka logis Zona Integritas:

Kerangka Logis Evaluasi ZI

Proses (daya pengungkit), terdiri dari dari 6 area perubahan yaitu: Manajemen Perubahan (5), Penataan Tata laksana(5), Penataan manajemen SDM(15), Penguatan Pengawasan (15), Penguatan Akuntabilitas Kinerja (10) dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik(10). sedangkan hasil (40%) merupakan nila dari IKM (Indek Kepuasan masyaraka) serta Nilai dari IPK (indeks Persepsi Korupsi). semuanya sudah ada panduannya, dibutuhkan komitmen tidak hanya pimpinan tapi juga semua jajarannya. 

so semoga saja BPTM LIPI tahun ini dapat predikat WBK dari Menpan RB ya. InsyaAllah.
Salam semangat RB!




Bagikan

Jangan lewatkan

Saatnya ASN Harus Berubah: Sosialisasi dan Bimtek Pembangunan Zona Integritas Di BPTM LIPI
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Alasan Kamu Harus Bergabung di Pendirian 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung

Alasan Kamu Harus Bergabung di 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung Desain by. canva Saya teringat cerita istri kala itu pada saat kami...