Selasa, 12 Juni 2018

Pengalaman Belajar Stir Mobil Di Cahaya Stir

Pengalaman Belajar Stir Mobil
Di Cahaya Stir


Tahun ini saya memang menargetkan bisa menyetir mobil. Dulu sih pernah belajar pas masih di jogja walaupun sempat nabrak pohon rambutan di halaman rumah. untung yang saya pake untuk latihan adalah mobil pick up butut untuk antar barang kebutuhan bengkel. coba kalo Kijang inovanya yang jadi korban. ceritanya bakal lain. entah sudah berapa tahun saya ga pegang stir mobil sendiri sejak saat itu. trauma sih enggak. hanya saja ketika sudah di Lampung sudah ada sopir yang mengantar kesana kemari. setelah dipikir-pikir panjang memiliki mobil buat keluarga kecil saya adalah kebutuhan. apalagi kalo mau jenguk mertua di Way Abung. rasanya kok masih perjuangan terus. meski buat saya itu tantangan. membawa pritilan yang butuh beberapa tas. belum lagi kalo mau balik ke Bandar Lampung, mertua nyabutin singkong belakang rumah. untuk buah tangan tetangga di bandar Lampung. belum lagi beras hasil panenan, ubi talas di samping, pisang kepok dan ayam kampung...ga kebayang deh riewehnya. benere beli aja di karang. beres deh. hanya saja kasih sayang orang tua kepada kami..apa boleh buat. riewehan lagi ketika balik ke Bandar Lampung.
Mumpung mulai banyak waktu luang saya berinisiatif belajar stir mobil. sekalian ngabuburit menjelang buka puasa. saya terlebih dahulu searching dan nanya beberapa tempat kursus stir mobil di Bandar Lampung. dari sekian banyak tempat yang saya datangin dan saya tanya melalui telepon, akhirnya saya memilih Cahaya Stir untuk membimbing saya di jalanan. selain tempatnya yang dekat dengan rumah saya, juga murah dan instrukturnya sabar. 

Alamat dan No Telpon Kursus Stir Mobil Cahaya Stir

Kursus stur mobil Cahaya stir berada di Jalan Rajabasa Raya ( Depan Pasar Perumnas Way Halim), satu gedung dengan Primagama Way Halim. berikut nomor kontaknya:
Kursus Stir Mobil Cahaya Stir
HP/WA : 0822 8082 4401
Pin BB : 5E4641E1
Instagram : @afipfirmansyah
Blog : http://cahayastir.blogspot.com
Selain di Wayhalim, Mas Afip selaku Owner sekaligus pengajar Kursus Stir Mobil  Cahaya Stir menjelaskan kantor pusatnya di Jalan Turi Raya, Tanjung Senang, Kec. Tanjung Senang, Tanjung Karang, lampung, Indonesia 351414

Paket Biaya Kursus Stir Mobil Cahaya Stir

Berikut ini harga paket belajar kursus stir mobil di Cahaya Stir
Paket 2 Jam 150.000,-
Paket tinggal lancarin 6 jam 425.000,-
Paket dari Nol sampai cukup bisa 10 jam 700.000,-
Paket Mahir sampai parkir di mall 16 Jam 1.100.000,-
Paket dari nol hingga pakei mobil sendiri 20 jam 1.350.000,-
sekali pertemuan 2 jam

saya sendiri mengambi paket yang dari nol sampai parkir di mall. dan bagi anda yang memang dari awal belum pernah pegang stir sama sekali silahkan ambil paket dari nol hingga bisa pake mobil sendiri 20 jam. harganya juga ga terlalu jauh dengan paket 16 jam. makin tinggi paket yang diambil sebetulnya makin hemat per jamnya. untuk waktu latihan bisa disesuaikan dengan keinginan kita. hanya saja tidak bisa latihan malam-malam ya gaes. 

Pengalaman Belajar Kursus Stir Mobil di Cahaya Stir

Pertemuan pertama saya udah sombong duluan, maunya langsung 4 jam sekaligus. udah kebelet pengen bisa ngebut. hahahaha.. karena saya kelelahan dan over nervous maka pertemuan pertama cukup 3 jam saja. pada awalnya saya berpikir latihan hari pertama ini di lapangan PKOR atau di tempat yang sepi pake banget. oh no ternyata saya salah. langsung di jalanan. iya betul langsung dijalanan. andrenalinnya langsung naik. setelah saya pikir-pikir ada benarnya juga sih langsung ke jalan. karena memang nantinya kita bakal stir mobil di jalanan, bukan di lapangan. lokasi yang dipilih adalah di perumahan Way Halim. tempatnya banyak belok-beloknya. pertemuan pertama saya diajarin pengenalan tentang mobil. komponen mobil. pengenalan gas, kopling dan rem serta pindah gigi. setelah kurang lebih 10 menit pengenalan langsung jalan. saya diajarin rumusnya belok kiri, belok kanan dan lurus. muter sana muter sini lah. 

setengah jam berlalu saya langsung diajakin ke jalan besar,jalan raya. dari Way Halim Keluar Ke jalan Sultan Agung, naik Fly over Korpri, Trus ke Korpi. sampai menujub arah jalan tol kota baru. hari pertama ini saya sudah bisa mengendarai mobil dengan kopling gigi 3. pertemuan kedua saya diajarin ke arah jalan sempit, tipsnya adalah yang penting pede dan gag grogi ya gaes. pertemuan ketiga udah melalui jalan besar banget, jalan baypass yang macet dan penuh truk besar. Pertemuan selanjutnya belajar mengenadarai mobil pada saat tanjakan, turunan, belok kanan dan belok kiri di tempat tanjakan dan turunan. 

Pertemuan selanjutnya mulai belajar parkir. untuk belajar parkir ini baru di lakukan di lapangan. lebih tepatnya di halaman parkir di Gedung serba Guna Universitas Lampung. dengan simulasi dulu sebelum parkir beneran di mall. pertemuan terakhir praktek parkir di Mall. pertama parkir di mall Central Plaza. tempat parkir yang penuh liku-liku. tapi tidak seliku-liku dirimu ya mblooo..., setelah cukup tegang di parkiran yang nanjak, untuk selanjutnya belajar parkir di tempat datar. tempat praktek kali ini dilakukan di parkiran Giant Antasari. tempatnya ga begitu rame jadi bisa nyoba parkir berkali kali. tips parkir ini adalah liat spion kanan dan kiri. yang pertama dilakukan adalah mepet kearah tempat yang akan diparkir. sejajar dengan bahu kita. jika udah sejajar maka patahkan stir hingga full. kemudian muter hingga pantat mobil sejajar dengan mobil yang ada di samping kita. jika udah sejejar makan stir patahkan dua kali ke kanan. gigi pindah ke R. silahkan mundur untuk menempatkan diri. liat depan juga ya apakah mobil kita udah pas.

Hore. Saya sudah bisa parkir. Lokasi
Di Parkiran paling atas Central Plaza

Tips Belajar Stir Mobil agar Cepat Bisa

Berikut tips dari saya ketika anda ingin belajar stir mobil di tempat kursus ataupun belajar secara mandiri. buat saya sih lebih nyaman belajar di tempat kursus stir mobil. karena mobil yang kita pakai sudah disesuaikan. dibagian depan terdapat pararel kopling dan rem. jadi bakalan aman. 
  1. Pelajari dulu melalui Youtube (www.youtube.com)                                                    liat dulu yang ada di youtube. banyak banget yang kasih tutorial belajar menyetir. dari melihat di youtube, kamu bakal punya basic. setidaknya pengetahuan umum mengenai stir mobil. jadi jangan katrok-katrok amat lah ya..jangan lupa subscribe ya.
  2. Keep Calm dont nervous                                                                                          Gugup itu hal yang wajar. namun jangan berlebihan ya. nanti malah salah tekan gas. harusnya nekan rem berabe kan.kemarin saya juga gugup kok. untuk menguranginya silahkan tarik nafas dalam-dalam agar mental kita menjadi lebih rilex. 
  3. Santun berkendara.                                                                                                  Untuk pertama kali jangan langsung nyalip ya. coba berkendara yang santun. kasih kesempatan kepada pengendara lain. jangan egois. itu pesennya instruktur sih. jangan buru-buru. 
  4. selalu berdoa                                                                                                            Berdoa juga merupakan hal yang paling penting.meminta perlindungan kepada sang maha kuasa. agar segala aktivitas menyetir kita diberkahi dan dijauhi hal-hal yang tidak diinginkan.






















Bagikan

Jangan lewatkan

Pengalaman Belajar Stir Mobil Di Cahaya Stir
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

10 komentar

Tulis komentar
avatar
28 Juni 2018 01.26

Wah, perlu di share ke grup keluarga iniiih, biar manas2in yg masih anget. Makasih inpohnya����

Reply
avatar
28 Juni 2018 08.25

Iya Umi. meskipun belum punya mobil sendiri setidaknya kita bisa nyetir. nah di cahaya stir ini lumayan rekomended buat para pemula agar bisa mengendarai mobil di jalanan. bahkan sampai parkir yang rumit loh.

Reply
avatar
28 Juni 2018 19.58

Wahhhh komplit ya mau pilih paket mana aja oke sesuai budget. Btw klo belajarnya dicicil nanti lupa lagi nggak sih om? Hahahaha... Ngirit

Reply
avatar
28 Juni 2018 20.16

Bisa didiskusikan mbak sama pengajarnya. Pengalaman saya sih ketika ambil paket 16 jam. P3laksanaannya ga tiap hari. Tergantung kita. lebih enaknya sih berlama lama ya. Biar masih inget. Soalany ketika kita udah selesai kursus tapi ga pegang mobil suka lupa. Jadi butuh kebiasaan

Reply
avatar
28 Juni 2018 20.56

Biar ngga katrok-katrok amatlah ya hahaha.

Reply
avatar
29 Juni 2018 00.43

ohhh no no no.. saya kira belajar mobil akan terasa tegang. ga taunya malah ngakak bacanya..

tips parkir ini adalah patahkan stir hingga full jika udah sejejar makan stir patahkan dua kali ke kanan

wkwkwkw,,, sip dah bacanya jadi ga tegang kayak pas hari pertama belajar nyetirnya mas slamet sumardi.

Reply
avatar
29 Juni 2018 00.57

hahaha iya mbak nusaiba. setidaknya sekarang saya sudah bisa setir mobil sendiri. ayo mbak nusaiba nyusul. kenapa saya lebih suka belajar di tempat kursus setir? karena lebih aman. kalo pakai mobil sendiri ketika panik bukannya tekan rem malah tekan gas. hahaha

Reply
avatar
29 Juni 2018 00.59

Yes. patahkan stir hingga full. apalagi kalo pas di parkiran yang model jaman dulu. yang spiral. beneran meningkatkan andrenalin kita big boss. heheh...untuk sekarang udah ga tegang lagi. hanya butuh kebiasaan saja

Reply
avatar
4 Juli 2018 20.08

Wah tampaknya ini tempat rekomended sekaki untuk belajar setir mobil. Kalau baca artikelnya, pengajarnya enak juga. Jadi mau juga ah belajar. Sapa tahu sudah belajar dapat mobil haha..

Reply
avatar
6 Juli 2018 08.13

Terima kasih sharingnya jadi pengen juga ikut kursus nyetir biar kalau ada mobil sendri bisa lancar. Infonya lengkap banget jadi tau ada kursus nyetir kece begini di Lampung ya.

Reply

Alasan Kamu Harus Bergabung di Pendirian 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung

Alasan Kamu Harus Bergabung di 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung Desain by. canva Saya teringat cerita istri kala itu pada saat kami...