Selasa, 27 November 2018

4 Tips menggali Ide Buat Nulis, No 4 Wajib kamu Coba

4 Tips Menggali Ide Buat Nulis,
 No 4 Wajib Kamu Coba

Sebulan lalu di sudut ruang gedung A Balai Penelitian Teknologi Mineral terjadi perbincanngan antara saya dan bang Taufik, sebutan untuk teman kantor satu angkatan masuk LIPI “ Mau ga ngisi materi tentang blog buat anak-anak SMA Al-Huda, Jatimulyo?. Tanpa berpikir panjang aku  bilang aja iya. Aku sanggupi permintaan abangku satu ini. Toh ini bagian dari tagline Slumuth Family yang berbagi dan menginspirasi. Dengan berbagi hidup menjadi bahagia dengan menginspirasi hidup menjadi lebih bermakna.

Sempat diundur dua kali karena ada agenda yang bentrok, akhirnya kemarin Sabtu tanggal 24 November 2018 kami berangkat menuju lokasi sekolah yang akan kita datangi. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Way Halim. Kami berdua naik motor dengan santai sambal memandangi sedikit kemacetan di Pasar Way Kandis. Tiga puluh menit perjalanan tak terasa kami sampai juga di lokasi sekolah di Bawah Yayasan. Sekolah ini ternyata luas juga. Disamping sudah ada pemandangan jalan tol trans Sumatra, jalan bebas hambatan yang menghubungnkan bakauheni hingga Aceh nantinya.
Nah dikesempatan sharing ini saya berbagi pengalaman tentang apa itu blog, apa keuntungannya dan cara membuat blog yang simple melalui platform Blogger. Ada salah satu pertanyaan dari peserta, “ Pak gimana sih caranya menemukan ide untuk menulis?”. Pas banget sharing kali ini saya akan membagikan beberapa hal untuk bias belanja ide agar tulisan kita enggak macet, agar ide-ide buat nulis itu muncul terus. Terbarukan gitu!. Berikut 4 Tips menggali ide biar gak macet yang mungkin bias kamu praktekkan:

1.Banyak Membaca

Membaca adalah kegiatan penting yang harus kita lakukan setiap saat. Bukankah ada pepatah yang mengatakan membaca itu adalah seperti kita sedang membuka jendela dunia. Dengan membaca wasan kita menjadi bertambah, ide-ide untuk menulis juga otomasih akan terus tergali dengan sendirinya. Sense of writingnya akan tercipta jika kita sering membaca.  Untuk saat ini banyak banget media untuk dibaca, bisa surat kabar, majalah, portal berita di internet dan lain-lain. Cobalah datang ke perpustakaan, disana banyak buku yang akan kamu jadikan bahan untuk menulis.

2. Melihat Keadaan Sekitar/Kehidupan Sehari-hari

Selain dengan membaca, pekalah terhadap lingkungan sekitarmu. Dengan melihat keadaan sekitar kita, nisacaya kita akan menemukan ide untuk meneliti ataupun menulis. Contohnya ketika kita melihat ada banyak sampah plastic disekitar kita? Nah sampah ini kan problem buat kita ke depannya? Nanti akan muncul ide bagaimana cara menganggulangi agar sampah tidak makin banyak. Begitu pula dengan ide-ide yang lain berhubungan dengan sampah. Ini baru masalah sampah, belum masalah yang lain.

3. Mengikuti Organisasi Profesi atau berkomunitaslah dengan Bahagia

Ikutilah komunitas yang kamu suka. Apabila kamu suka memasak ikutlah komunitas belajar memasak. Gampang banget caranya ikutan grup yang sesuai dengan passion kamu. Dengan ikut komunitas wawasan kita menjadi bertambah. Kita bisa saling tukar pengalaman. Selain itu menambah silaturahmi kan. Bukankah kalian pernah mendengar jika kita memanjangkan silaturahmi maka Tuhan akan memberimu banyak Rezeki dan umur yang panjang?. Saya sendiri ikut komunitas Tapis Blogger. Dari komunitas ini banyak banget keuntungan yang saya dapat, selain tambah saudara saya juga mendapatkan ilmu-ilmu baru yang saya tidak dapatkan di tempat bekerja.

4.Sering Piknik/Berwisata

Kalo yang ini buat saya hukumnya wajib loh gaes. Mulailah membuat jadwal piknik kamu dari sekarang. Piknik atau berwisata tidak harus yang jauh dan ga harus yang mahal. Bisa kamu mulai dari yang paling dekat dengan rumah kita hingga ketempat yang mungkin belum kamu bayangkan sebelumnya. Dengan travelling kita menjadi tau budaya lain, suasana yang berbeda dengan kondisi kita. Dengan traveling kamu akan tambah peka terhadap lingkungan. Dan jadi tahu gimana rasanya menghemat. Banyak banget ide yang bisa diambil dari piknik ini. Banyak yang bisa dituangkan dalam tulisan. Mulai dari pengalaman pribadi, review ttransportasi, penginapan ataupun kuliner di destinasi wisata yang kamu kunjungi.
Itulah tadi beberapa tips yang dapat dipraktekkan bila ide menulis kamu macet ditengah jalan atau sama sekali blank mau nulis apa. Selamat menuliskan ide yang diperoleh ya, jangan lupa share pengalamanmu juga agar bermanfaat bagi orang lain.





Bagikan

Jangan lewatkan

4 Tips menggali Ide Buat Nulis, No 4 Wajib kamu Coba
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

10 komentar

Tulis komentar
avatar
2 Desember 2018 19.19

Semuanya sudah dilakukan kecuali bagian piknik. Haha �� Iya deh saya ganti piknik dengan me-time, smulean dikit aja udah seneng, dan dapatide. Eaaa

Reply
avatar
3 Desember 2018 00.39

Piknik untuk cari ide menulis setuju sekali. Sayangnya biaya piknik itu enggak sedikit jadi, ya mesti penuh pertimbangan. Belum lagi waktu yg mesti jadi penghalang.

Reply
avatar
3 Desember 2018 01.32

nomor 4 aku banget, kalo lagi suntuk jenuh yaaa wisata ATAU PIKNIK :D

Reply
avatar
3 Desember 2018 07.41

Piknik. Ide memamg seringkali didapat saat traveling. Apalagi ke tempat yang bagus, pasti dapet banyak idenya tuh.

Reply
avatar
3 Desember 2018 19.41

cari tempat piknik yang murah meriah aja mbak. diawali dari yang dekat dulu, baru deh nanti ketagihan piknik di lokasi yang lebih jauh dan zona nyaman kita bakal bertambah luas. smulean? boleh tuh biar nambang ide juga...

Reply
avatar
4 Desember 2018 04.43

Kok saya setuju yang piknik wk wk. Paling suka saat piknik bisa dapat banyak bahan tulisan. Ayo kita piknik.

Reply
avatar
4 Desember 2018 21.50

Banyak membaca adalah tips yang sangat jitu mas, karena dari situlah kita menyerap kata

Reply
avatar
6 Desember 2018 04.32

Bener banget poin2nya. Karena blogger sering kehabisan bahan tulisan kalau ga dipancing dg kegiatan2 itu

Reply
avatar
6 Desember 2018 04.50

Piknik sambil mencari ide tulisan, sambil menyelam minum air.. heee

Reply

Alasan Kamu Harus Bergabung di Pendirian 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung

Alasan Kamu Harus Bergabung di 212 Mart Al-Hikmah Bandar Lampung Desain by. canva Saya teringat cerita istri kala itu pada saat kami...